Gedung Putih: Putin Salah Jika Berpikir Bisa Bertahan Lebih Lama dari Barat di Ukraina

Selasa, 03 Oktober 2023 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Pada hari Minggu, Biden meminta Kongres untuk bertindak cepat dalam menyetujui pendanaan untuk bantuan tambahan, di tengah kekhawatiran bahwa dana AS untuk negara tersebut akan segera habis.

“Dalam keadaan apa pun, kita tidak boleh membiarkan dukungan Amerika terhadap Ukraina terganggu,” kata Biden saat membahas pengesahan paket pendanaan sementara yang berdurasi 45 hari.

“Mayoritas besar dari kedua partai – Demokrat dan Republik, Senat dan DPR – mendukung bantuan terhadap Ukraina dan agresi brutal yang dilakukan Rusia terhadap mereka,” kata Biden.

“Berhentilah bermain-main, selesaikan ini,” serunya.



Pengumuman paket peralatan militer yang akan datang untuk Ukraina muncul ketika Pentagon khawatir bahwa pihaknya tidak akan dapat mengirim senjata lebih lama lagi jika Kongres tidak menyediakan dana tambahan.

Departemen Pertahanan AS masih memiliki persediaan senjata senilai USD5,4 miliar untuk dikirim ke Ukraina, namun dengan cepat kehabisan uang untuk mengisi kembali persediaannya, menurut dua pejabat AS yang mengetahui diskusi tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya untuk berbicara mengenai topik sensitif.

Kongres mencapai kesepakatan pada jam ke-11 untuk menjaga pemerintah tetap terbuka dengan mengecualikan pendanaan tambahan untuk konflik tersebut.

Dana USD5,4 miliar adalah sisa uang di rekening penarikan presiden setelah “kesalahan akuntansi” memaksa Departemen Pertahanan untuk menghitung ulang nilai peralatan yang dikirim ke Ukraina.

Pentagon awalnya menilai terlalu tinggi bantuan yang telah dikirim sebesar USD6,2 miliar karena para pejabat menghitung nilai penggantian senjata, bukan nilai senjata ketika dibeli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)