Anak Buah Kim Jong-un Ledek AS karena Benci Hubungan Korut-Rusia

Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:05 WIB
loading...
Anak Buah Kim Jong-un Ledek AS karena Benci Hubungan Korut-Rusia
Pyongyang ledek Amerika Serikat karena benci pada hubungan Korea Utara dengan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Im Chon Il menuduh Amerika Serikat (AS) melakukan permusuhan yang tidak adil dan keterlaluan terhadap Pyongyang dan Moskow. Menurutnya, itu menunjukkan mentalitas hegemonik Washington berdasarkan logika Perang Dingin.

“Kebencian Amerika terhadap hubungan Korea Utara-Rusia hanya menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki kekuatan dan kecerdasan dalam menghadapi negara-negara independen yang anti-imperialis,” kata Im Chon Il dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (1/10/2023).

Diplomat Pyongyang itu mengatakan aliansi keamanan antara AS, Korea Selatan dan Jepang—serta blok militer NATO yang dipimpin Washington—adalah entitas seperti kanker yang membahayakan tatanan internasional.



Dia juga menggambarkan NATO sebagai “dalang krisis Ukraina".

"Saya melanjutkan dengan mengatakan bahwa hubungan antara Korea Utara dan Rusia telah mencapai puncak perkembangan karena tindakan Amerika dan sekutunya, yang telah bertindak ekstrem dalam tindakan konfrontatif dan memecah belah demi mendapatkan hegemoni," papar anak buah Kim Jong-un tersebut.

"Korea Utara bermaksud untuk lebih meningkatkan hubungannya dengan Rusia dan negara-negara berdaulat independen lainnya untuk mencegah ancaman militer imperialis...dan dengan tegas mempertahankan perdamaian dan keamanan di semenanjung Korea dan di seluruh dunia," imbuh Im Chon Il.

Bulan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghabiskan hampir seminggu di Rusia dan tiba di Timur Jauh negara itu dengan kereta api. Dalam kunjungan tersebut, dia bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Menteri Pertahanan Sergey Shoigu dan pejabat lainnya.

Kim Jong-un antara lain mengunjungi Kosmodrom Vostochny, memeriksa pabrik penerbangan militer dan sipil, dan diperlihatkan pesawat pengebom strategis dan jet tempur berkemampuan nuklir Rusia, termasuk pesawat MiG-31 yang dipersenjatai dengan rudal hipersonik Kinzhal.

Kunjungan tersebut menimbulkan kekhawatiran serius di Seoul dan Washington, di mana Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengeklaim bahwa kerja sama militer antara Korea Utara dan Rusia adalah ilegal dan tidak adil karena bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB dan berbagai sanksi internasional lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)