Rusia Hancurkan 2 Jet Tempur MiG-29 Ukraina Pasokan Negara NATO

Minggu, 01 Oktober 2023 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Pada saat itu, para pakar menyoroti bahwa drone Lancet “Product 53” baru, yang memiliki jangkauan mengesankan hampir 45 mil, menghadirkan ancaman besar tidak hanya bagi pesawat MiG yang ditempatkan di Dolgintsevo tetapi juga bagi pesawat tempur Ukraina yang menggunakan pangkalan cadangan di wilayah Mykolaiv.

Awal tahun ini, Polandia mengumumkan transfer pesawat MiG-29 ke Ukraina. Laporan media lokal menyebutkan bahwa Pemerintah Polandia telah berkomitmen untuk menyediakan 14 unit.

Meskipun pengiriman beberapa pesawat ini telah dikonfirmasi, masih belum pasti apakah semua MiG-29 yang dijanjikan berhasil ditransfer ke Ukraina.

Demikian pula, pemerintah Slovakia telah menyetujui transfer 13 pesawat MiG-29 ke Ukraina. Pada saat itu, pengumuman tersebut menandakan bahwa negara-negara Eropa Timur siap mendukung Ukraina secara lebih proaktif.

Pilot Ukraina yang menerbangkan MiG-29 rancangan Soviet menganggapnya sebagai “teman lama”. Meskipun pesawat tempur ini mungkin tidak memiliki kemewahan dan fitur-fitur canggih seperti pesawat modern, tidak dapat disangkal bahwa pesawat tempur ini memainkan peran penting dalam misi mereka.

Pesawat MiG telah mengalami modifikasi untuk menggunakan rudal anti-radar Barat, khususnya Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi (HARMS), yang mereka gunakan untuk menyerang sistem pertahanan udara Rusia.

Pemanfaatan HARMS bertujuan untuk mengalihkan dan mengganggu pertahanan udara Rusia, menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi pesawat pengebom dan pesawat serang Ukraina untuk beroperasi dengan relatif mudah.

Keunggulan strategis ini memungkinkan mereka untuk menargetkan posisi dan pusat logistik Rusia yang berada jauh di belakang garis depan.

Meskipun demikian, Ukraina sangat menantikan akuisisi jet tempur F-16 buatan AS dalam beberapa bulan mendatang, karena beberapa negara sekutunya telah berjanji untuk menyumbangkan pesawat canggih tersebut.

Kontingen pertama awak Angkatan Udara Ukraina (UAF) telah tiba di Amerika Serikat untuk menjalani pelatihan jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)