Rusia Hancurkan 2 Jet Tempur MiG-29 Ukraina Pasokan Negara NATO

Minggu, 01 Oktober 2023 - 15:40 WIB
loading...
Rusia Hancurkan 2 Jet Tempur MiG-29 Ukraina Pasokan Negara NATO
Rusia menghancurkan 2 jet tempur MiG-29 Ukraina pasokan negara NATO. Foto/Polish Armed Forces
A A A
MOSKOW - Rusia telah menghancurkan dua jet tempur MiG-29 yang diberikan oleh negara NATO; Polandia, kepada Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kedua pesawat itu hancur dalam serangan pada malam 29 September.

Kedua jet tempur MiG-29 diserang saat parkir lapangan terbang Kulbakino di wilayah Mykolaiv.

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan bahwa kedua MiG-29 itu telah mengalami modifikasi untuk memungkinkan penyebaran rudal Barat.



“Angkatan Udara Rusia menghancurkan lima pesawat tempur Angkatan Udara Ukraina dalam seminggu. Di wilayah Republik Rakyat Toretskoe Donetsk, sebuah pesawat serang Ukraina ditembak jatuh Su-25,” kata kementerian itu, seperti dikutip EurAsian Times, Minggu (1/10/2023).

"Di lapangan terbang Dolgintsevo di wilayah Dnipropetrovsk, dua pesawat tempur MiG-29 milik Angkatan Udara Ukraina dihancurkan. Selain itu, pada malam tanggal 29 September, dua pesawat tempur MiG-29 lagi yang dikirim dari Polandia, dimodernisasi untuk senjata rudal Barat, dihancurkan di lapangan terbang Kulbakino di wilayah Mykolaiv," imbuh kementerian tersebut.

Meski demikian, Moskow tidak mengungkapkan apakah penghancuran dua MiG-29 yang dipasok Polandia dilakukan dengan menggunakan drone atau rudal.

Klaim yang dibuat oleh Rusia ini muncul hanya beberapa hari setelah Moskow secara terbuka membagikan video yang menggambarkan dampak serangan drone Rusia berisi bahan peledak yang menargetkan pesawat tempur Mikoyan MiG-29 dalam dua insiden terpisah.

Serangan sebelumnya terhadap pesawat MiG terjadi di Dolgintsevo dan diperkirakan dilakukan oleh drone Lancet versi baru yang diperkenalkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)