Rumania Perkuat Pertahanan Udara Dekat Perbatasan Ukraina, Ini Alasannya

Minggu, 01 Oktober 2023 - 05:01 WIB
loading...
Rumania Perkuat Pertahanan Udara Dekat Perbatasan Ukraina, Ini Alasannya
Lancer MIG-21 Lancer milik Angkatan Udara Rumania didorong kembali ke hanggar selama latihan bilateral di Campia Turzii, Transylvania, barat laut perbatasan utara Rumania dengan Ukraina. Foto/REUTERS/Bogdan Cristel
A A A
BUCHAREST - Rumania sedang membangun pos pengamatan militer baru dan mengerahkan kembali sistem anti-pesawat di dekat perbatasannya dengan Ukraina, di sepanjang Sungai Danube.

Reuters melaporkan hal itu pada Jumat (29/9/2023), mengutip dua sumber senior pertahanan.

Perkembangan ini menyusul peningkatan serangan Rusia terhadap infrastruktur pelabuhan sungai Ukraina dan depot bahan bakar di wilayah tersebut, yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Bucharest, puing-puing yang mungkin merupakan bagian dari pesawat tak berawak Rusia jatuh ke wilayah negara tersebut selama serangan pada awal September.

Ukraina bersikeras satu pesawat tak berawak “meledak” di wilayah Rumania. Kiev tampaknya berupaya menggambarkan insiden tersebut sebagai serangan Rusia terhadap wilayah anggota NATO.

Namun, blok yang dipimpin AS sendiri telah berusaha meremehkan insiden puing-puing pesawat tak berawak tersebut.

“Kami tidak memiliki informasi apa pun yang menunjukkan adanya serangan yang disengaja oleh Rusia, dan kami sedang menunggu hasil penyelidikan yang sedang berlangsung,” ujar Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg tak lama setelah bagian-bagian drone tersebut ditemukan.



Pada pertengahan September, militer Rumania menyatakan siap menembak jatuh pesawat Rusia jika menimbulkan ancaman langsung.

“Bukarest siap menggunakan semua kekuatan militer untuk mempertahankan wilayah Rumania, dengan sifat respons yang tepat tergantung pada tingkat ancaman,” ungkap wakil kepala staf umum negara itu, Jenderal Gheorghita Vlad, pada saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)