3 Negara dengan Jumlah Polisi Terbanyak di Dunia

Sabtu, 30 September 2023 - 05:30 WIB
loading...
3 Negara dengan Jumlah Polisi Terbanyak di Dunia
Polisi menjadi bagian penting dalam keamanan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Petugas kepolisian bertugas menyelenggarakan dan memelihara ketertiban suatu negara atau bangsa dan merupakan anggota lembaga pemerintah yang disebut dinas kepolisian atau kepolisian.

Banyak di seluruh dunia telah banyak berinvestasi untuk membentuk pasukan polisi dalam jumlah besar guna meningkatkan keamanan negara dan menekan kejahatan. Dengan terus menambah jumlah personil polisi, maka negara tersebut akan menjamin keamanan warganya.

Berikut adalah 3 negara dengan jumlah personil polisi terbanyak di dunia.

1. China (1,6 Juta Polisi)

3 Negara dengan Jumlah Polisi Terbanyak di Dunia

Foto/Reuters

Melansir World Atlas, China memiliki jumlah petugas polisi tertinggi di dunia, yaitu sekitar 1,6 juta petugas di kepolisian negara tersebut. Unit penegakan hukum utama di Tiongkok adalah Kementerian Keamanan Publik (juga dikenal dengan singkatan MPS).

Kementerian Keamanan Publik telah mendirikan banyak kantor yang dikenal sebagai Biro Keamanan Publik, yang bertujuan untuk mendekatkan layanan polisi kepada warga Tiongkok. MPS dipimpin oleh Menteri Keamanan Publik dan berkantor pusat di Beijing.

Unit polisi lainnya di China adalah Polisi Bersenjata Rakyat, sebuah unit polisi paramiliter yang diberi mandat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Unit Polisi Bersenjata Rakyat secara resmi didirikan pada tahun 1982 oleh pemerintah China.

Unit polisi juga terlibat dalam kegiatan lain termasuk menjaga gedung-gedung penting pemerintah serta melaksanakan proyek-proyek rekayasa. Ada juga unit kecil lainnya yang dikenal sebagai Biro Administrasi Kota dan Penegakan Hukum Kota yang merupakan unit polisi berseragam yang tidak bersenjata di bawah berbagai pemerintahan kota di negara tersebut.

2. India (1,59 Juta Personil)

3 Negara dengan Jumlah Polisi Terbanyak di Dunia

Foto/Reuters

India adalah rumah bagi kepolisian terbesar kedua di dunia berdasarkan jumlah petugas. Jumlah total petugas polisi di negara berpenduduk padat ini diperkirakan sekitar 1,59 juta.

Penegakan hukum di India terutama dilakukan oleh kepolisian India yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri. Kepolisian di negara ini terdiri dari berbagai unit, yang semuanya menjalankan tugas pemeliharaan perdamaian dalam kapasitas berbeda.

Salah satu unit tersebut adalah Pasukan Keamanan Perbatasan yang bertanggung jawab atas pengawasan perbatasan India dan pencegahan kejahatan lintas batas. Unit lainnya adalah Pasukan Keamanan Industri Pusat yang peran utamanya adalah memberikan keamanan industri dengan menjaga instalasi industri penting.

Garda Keamanan Nasional adalah unit polisi yang bertugas melakukan kegiatan kontra-terorisme serta melakukan misi penyelamatan sandera. Biro Investigasi Pusat adalah satuan kepolisian yang bertugas melakukan penyidikan.

3. Amerika Serikat (910 Ribu Personil)

3 Negara dengan Jumlah Polisi Terbanyak di Dunia

Foto/Reuters

Amerika Serikat mempunyai kepolisian terbesar ketiga di dunia dan terbesar di antara negara mana pun di luar Asia. Ada lebih dari 0,91 juta petugas polisi di Amerika Serikat. Petugas Kepolisian Amerika diberi wewenang oleh Konstitusi AS untuk menjaga dan memulihkan perdamaian di dalam perbatasan negara.

Kepolisian di Amerika Serikat terdiri dari dua kategori; polisi federal dan polisi negara bagian. Polisi federal dibentuk dan dijalankan oleh pemerintah federal dan mempunyai kewenangan di seluruh negara, sedangkan polisi negara bagian dibentuk dan dioperasikan oleh masing-masing pemerintah negara bagian, dan kewenangannya terbatas pada negara bagiannya masing-masing.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)