Presiden Putin Minta Wagner Kembali ke Medan Perang di Ukraina

Jum'at, 29 September 2023 - 22:38 WIB
loading...
A A A
Nasib Wagner tidak jelas sejak pemberontakan Prigozhin yang gagal pada tanggal 23 Juni dan kematiannya pada tanggal 23 Agustus, setelah itu Putin memerintahkan para pejuang Wagner untuk menandatangani sumpah setia kepada negara Rusia, yang ditentang oleh Prigozhin dan banyak anak buahnya.

Surat kabar Kommersant Rusia melaporkan bahwa hanya beberapa hari setelah pemberontakan Wagner, Putin menyarankan agar Troshev mengambil alih jabatan Prigozhin.

Wagner kembali ke medan perang di Ukraina?

Pertemuan Putin di Kremlin tampaknya menunjukkan bahwa sisa-sisa Wagner kini akan diawasi oleh Troshev dan Yevkurov.

Wagner, yang pernah memiliki puluhan ribu tentara, menjadi terkenal karena merebut kota Bakhmut di Ukraina pada bulan Mei dalam pertempuran paling berdarah dalam perang tersebut. Setelah jatuhnya Bakhmut, unit Wagner mundur dari Ukraina.

"Beberapa pejuang Wagner telah mendaftar untuk dinas militer resmi Rusia sementara banyak lainnya telah pindah ke perusahaan militer swasta (PMC) yang berbeda," kata sumber-sumber Rusia kepada Reuters.

Intelijen militer Inggris mengatakan bahwa ratusan pejuang yang sebelumnya terkait dengan Wagner kemungkinan sudah mulai dikerahkan kembali ke Ukraina sebagai bagian dari berbagai unit berbeda.

“Status pasti dari personel yang dipindahkan tersebut tidak jelas, tetapi kemungkinan besar individu tersebut telah dipindahkan ke bagian pasukan resmi Kementerian Pertahanan Rusia dan PMC lainnya,” demikian keterangan intelijen militer Inggris.

Troshev, seorang veteran perang Rusia di Afghanistan dan Chechnya dan mantan komandan pasukan reaksi cepat kementerian dalam negeri SOBR, berasal dari St Petersburg, kota asal Putin, dan telah berfoto bersama presiden.

Dia dianugerahi medali tertinggi Rusia, Pahlawan Rusia, pada tahun 2016 atas penyerbuan Palmyra di Suriah melawan militan ISIS.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)