5 Kecanggihan Kapal Selam Monster Laut Taiwan, Mampukah Menghancurkan Wilayah Kekuasaan China?

Jum'at, 29 September 2023 - 18:15 WIB
loading...
5 Kecanggihan Kapal Selam Monster Laut Taiwan, Mampukah Menghancurkan Wilayah Kekuasaan China?
Presiden Tsai Ing-wen meluncurkan kapal selam Haikun pada Kamis (28/9/2023) di pelabuhan Kaohsiung, Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Kapal selam monster laut Taiwan baru saja diluncurkan dan menjadi kapal selam buatan dalam negeri pertama yang dimiliki Taiwan.

Presiden Tsai Ing-wen meluncurkan kapal tersebut, bernama Haikun yang berarti “makhluk laut mitos” pada Kamis (28/9/2023) di pelabuhan Kaohsiung.

Uji kelayakan lautnya akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang. “Di masa lalu, kapal selam buatan dalam negeri dianggap mustahil, namun saat ini kapal selam yang dirancang dan dibangun oleh bangsa kita ada di hadapan Anda,” tutur Tsai pada upacara tersebut.

Lantas apa kecanggihan Kapal Selam Monster Laut Taiwan? Mampukah kapal selam ini menghancurkan wilayah kekuasaan China? Berikut ulasannya.

5 Kecanggihan Kapal Selam Monster Laut Taiwan

1. Mampu Mencegah Angkatan Laut China Mengepung Taiwan


Harga kapal selam pertama Taiwan adalah mencapai USD1,54 miliar, namun menurut pemerintah Taiwan, biaya ini sebanding dengan pengeluaran untuk menjaga keamanan pulau dan wilayah Taiwan dari kehadiran angkatan laut China.

Pasalnya kehadiran kapal selam ini bertujuan untuk menjaga wilayah teritorial Taiwan dari pasukan Angkatan Laut China yang akan mengepung, pasalnya pasukan Tiongkok masih berusaha untuk menguasai wilayah Taiwan.

2. Mampu Mencegah China Melewati Rantai Pulau Pertama


Kapal selam tersebut dapat membuat angkatan laut China memutus pulau tersebut dari sumber daya luar, sebuah langkah yang diperkirakan akan diambil Tiongkok jika ingin menyerang atau menyerbu pulau tersebut.

Selain itu, Pemerintah Taiwan juga mengatakan kapal selam tersebut dapat mencegah China melewati Rantai Pulau Pertama, garis pertahanan imajiner yang menghubungkan Taiwan, Jepang, Filipina, dan Indonesia.

3. Menggunakan Mesin Tempur Buatan Lockheed Martin


Lockheed Martin, salah satu perusahaan pertahanan terkemuka di dunia, telah lama menjadi produsen mesin tempur terkemuka yang digunakan militer di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)