Militer Rusia Terima Jet Tempur Multiperan Su-57 Baru, Siap Getarkan Langit Ukraina

Kamis, 28 September 2023 - 22:01 WIB
loading...
Militer Rusia Terima Jet Tempur Multiperan Su-57 Baru, Siap Getarkan Langit Ukraina
Jet tempur multiperan Su-57 baru mulai gabung angkatan udara Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Produsen pesawat Rusia mengirimkan sejumlah pesawat tempur Su-57 generasi kelima baru ke Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Kabar itu diungkap Wakil Perdana Menteri Denis Manturov pada Kamis (28/9/2023).

“Pabrik Penerbangan Komsomolsk-on-Amur telah menyerahkan pesawat Su-57 (Generasi 5) dan Su-35S (Generasi 4++) seri berikutnya kepada Angkatan Udara Rusia,” ujar Manturov, yang juga menjabat sebagai Kepala Pabrik Penerbangan Komsomolsk-on-Amur Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia.



Pesawat tersebut diserahkan kepada militer setelah serangkaian tes dan uji coba pabrik penuh.

Menurut Yury Slyusar, presiden United Aircraft Corporation (UAC) Rusia, "Sisa pesawat tempur generasi kelima yang akan dikirim pada tahun 2023 berada di hanggar perakitan akhir dan di lapangan terbang uji."

Su-57 Rusia, juga dikenal sebagai T-50, adalah pesawat tempur siluman generasi kelima yang dirancang untuk menggantikan jet tempur seri Su-27.

Pesawat ini dilengkapi dengan sensor dan avionik canggih, termasuk radar array yang dipindai secara elektronik aktif serta sistem pencarian dan pelacakan inframerah.

Pesawat ini dapat membawa berbagai rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat.

Pengiriman pesawat ini dimulai pada 2022. Menurut program persenjataan negara saat ini, Angkatan Udara Rusia akan menerima 76 unit Su-57 pada 2027.

Menurut sumber terbuka, Angkatan Udara Rusia memiliki 6 unit Su-57 yang beroperasi sebelum pengiriman terakhir dan pada akhir tahun 2024, tentara akan menerima 22 jet tempur.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0894 seconds (0.1#10.140)