Menlu Rusia Lavrov: Barat Merusak Integritas Wilayah Ukraina

Kamis, 28 September 2023 - 21:06 WIB
loading...
Menlu Rusia Lavrov: Barat Merusak Integritas Wilayah Ukraina
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan pendukung Ukraina di Barat adalah pihak yang melemahkan integritas wilayah negara tersebut dengan secara efektif mengingkari perjanjian Minsk.

Diplomat tersebut menambahkan, meskipun akhir-akhir ini ada pembicaraan mengenai kemungkinan perundingan dari negara-negara Barat, Moskow belum melihat kesiapan melakukan dialog yang serius.

Dalam wawancara dengan TASS yang diterbitkan pada Kamis (28/9/2023), Lavrov berspekulasi para pendukung Kiev kemungkinan mencari jeda beberapa bulan untuk memasok lebih banyak senjata ke Ukraina.

Dia berpendapat pola ini adalah yang pertama kali dicoba pada 2014-2015 ketika Prancis dan Jerman menjadi perantara perjanjian Minsk 1 dan Minsk 2, sehingga mengakhiri pertikaian antara pasukan pemerintah Ukraina dan Republik Donbass yang memproklamirkan kemerdekaan.

Namun Ukraina tidak pernah menepati janjinya, karena Berlin dan Paris sepenuhnya menyadari Kiev tidak memiliki niat seperti itu sejak awal, menurut Lavrov, mengutip pengakuan tahun lalu yang dibuat mantan Presiden Prancis Francois Hollande, mantan Kanselir Jerman Angela Merkel dan mantan Presiden Ukraina Petr Poroshenko.

Menurut Lavrov, Barat menggunakan perjanjian tersebut sebagai taktik belaka untuk mengulur waktu dan memperkuat militer Ukraina.

“Jika mereka mematuhi perjanjian Minsk, maka integritas teritorial Ukraina akan terjamin,” tegas diplomat Rusia tersebut.



Dia menyatakan, itulah inti dari perjanjian tersebut, yang juga menyerukan status khusus untuk Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk.

Lavrov melanjutkan dengan mengatakan Rusia siap bernegosiasi dengan Ukraina pada April lalu, namun London dan Washington telah melakukan intervensi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)