PM Solomon: MSG Sepakat Tak Perjuangkan Kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia

Kamis, 28 September 2023 - 10:01 WIB
loading...
PM Solomon: MSG Sepakat Tak Perjuangkan Kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia
Melanesia Spearhead Group atau MSG sepakat tidak memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia. Foto/ABC News/Leah Lowonbu
A A A
HONIARA - Perdana Menteri (PM) Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengatakan Melanesia Spearhead Group (MSG) sudah sepakat tidak memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat dari Indonesia.

Sogavare telah mengklarifikasi mengapa dia tidak membicarakan kemerdekaan Papua Barat atau West Papua di Majelis Umum PBB sekembalinya ke Honiara dari New York pada hari Rabu.

Menurut Sogavare mengatakan MSG sepakat untuk tidak memperjuangkan kemerdekaan bagi Papua Barat dalam pertemuan terakhirnya.

Dia melanjutkan, upaya mencapai kemerdekaan di tingkat MSG secara historis telah menyebabkan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang tidak perlu terhadap masyarakat Papua Barat, karena hal ini terkait erat dengan gerakan kemerdekaan.



Sogavare mengatakan strategi baru blok sub-regional ini melibatkan inisiatif diskusi dengan pemerintah Indonesia.

Dia mengatakan fokusnya adalah memperlakukan masyarakat Papua Barat sebagai bagian dari Melanesia dan mendesak pemerintah Indonesia untuk menghormati mereka.

Di Majelis Umum PBB, Sogavare mengangkat isu kemerdekaan Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis, namun tidak soal Papua Barat.

Dia mengatakan masalah kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri adalah masalah domestik yang perlu ditangani secara internal oleh Papua Barat.

Sogavare mengatakan Komite Khusus PBB untuk Dekolonisasi telah menetapkan proses yang memberi mereka hak untuk menentukan nasib sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)