Presiden Korsel: Rezim Kim Jong-un Akan Tamat Jika Korut Gunakan Senjata Nuklir!

Rabu, 27 September 2023 - 07:42 WIB
loading...
Presiden Korsel: Rezim Kim Jong-un Akan Tamat Jika Korut Gunakan Senjata Nuklir!
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol sebut rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara akan berakhir jika Pyongyang nekat menggunakan senjata nuklir. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol pada hari Selasa memperingatkan bahwa rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara (Korut) akan berakhir jika Pyongyang nekat menggunakan senjata nuklir.

Berpidato di sebuah upacara di Pangkalan Udara Seoul untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Angkatan Bersenjata Korea Selatan, Yoon mengatakan Korea Utara harus menyadari bahwa senjata nuklirnya tidak akan pernah bisa menjamin keamanannya.

“Jika Korea Utara menggunakan senjata nuklir, rezimnya akan berakhir karena respons yang luar biasa dari aliansi Korea Selatan-Amerika Serikat,” kata Yoon sebagaimana dikutip dari Yonhap News, Rabu (27/9/2023).



Presiden Yoon mengatakan bahwa Pyongyang terus meningkatkan kemampuan nuklir dan rudalnya meskipun ada peringatan dari masyarakat internasional.

Yoon berjanji untuk lebih memperkuat kerja sama keamanan dengan AS dan Jepang.

Militer Korea Selatan juga dijadwalkan mengadakan parade militer besar-besaran di pusat kota Seoul pada hari Selasa untuk pertama kalinya sejak tahun 2013, yang menampilkan sekitar 4.000 tentara dan lebih dari 170 peralatan militer, termasuk tank tempur K2, rudal “berkekuatan tinggi” baru negara tersebut.

Pernyataan terbaru Yoon muncul setelah Korea Utara pada hari Senin mengatakan bahwa kemajuan baru-baru ini dalam hubungan bilateral dengan Rusia adalah hak “kedaulatan” dan “landasan bagi stabilitas regional".

Dalam pidatonya di Majelis Umum PBB di New York pekan lalu, Yoon mengatakan bahwa setiap kesepakatan senjata antara Korea Utara dan Rusia sama saja dengan “provokasi langsung” terhadap Seoul.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kembali ke Pyongyang pekan lalu setelah melakukan perjalanan selama seminggu ke Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)