6 Alasan Konflik Kosovo dengan Serbia Terus Memanas

Selasa, 26 September 2023 - 07:55 WIB
loading...
6 Alasan Konflik Kosovo dengan Serbia Terus Memanas
Kosovo masih menyimpan konflik dengan Serbia. Foto/Reuters
A A A
PRISTINA - Penyerbuan biara di Kosovo utara telah menarik perhatian pada masalah yang terus-menerus terjadi di wilayah mayoritas etnis Serbia, 15 tahun setelah Pristina mendeklarasikan kemerdekaan.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 2008, namun Serbia masih secara resmi menganggap Kosovo sebagai bagian dari wilayahnya.

Berikut adalah 5 alasan kenapa konflik Kosovo dan Serbia terus memanas.

1. Kosovo Masih Dianggap Wilayah Serbia

6 Alasan Konflik Kosovo dengan Serbia Terus Memanas

Foto/Reuters

Melansir Reuters, kemerdekaan Kosovo yang mayoritas etnis Albania terjadi pada 17 Februari 2008, hampir satu dekade setelah pemberontakan melawan pemerintahan Serbia.

Hal ini diakui oleh lebih dari 100 negara.

Namun Serbia secara resmi masih menganggap Kosovo sebagai bagian dari wilayahnya. Mereka menuduh pemerintah pusat Kosovo menginjak-injak hak-hak etnis Serbia, namun membantah tuduhan memicu perselisihan di negara tetangganya.

Suku Serbia berjumlah 5 persen dari 1,8 juta penduduk Kosovo, dan etnis Albania sekitar 90 persen. Sekitar 50.000 warga Serbia di Kosovo utara, di perbatasan dengan Serbia, melampiaskan penolakan mereka dengan menolak membayar utilitas negara atas energi yang mereka gunakan dan sering menyerang polisi yang mencoba melakukan penangkapan.

Semuanya menerima manfaat dari anggaran Serbia dan tidak membayar pajak baik ke Pristina maupun Beograd.


2. Pemimpin Etnis Albania Memimpin di Wilayah yang Didominasi Etnis Serbia

6 Alasan Konflik Kosovo dengan Serbia Terus Memanas

Foto/Reuters

Kerusuhan di wilayah tersebut meningkat ketika wali kota etnis Albania mulai menjabat di wilayah mayoritas Serbia di Kosovo utara setelah pemilu bulan April yang diboikot oleh Serbia, sebuah tindakan yang menyebabkan Amerika Serikat dan sekutunya menegur Pristina.

Desember lalu, warga Serbia di Kosovo utara mendirikan beberapa penghalang jalan dan baku tembak dengan polisi setelah seorang mantan polisi Serbia ditangkap karena diduga menyerang petugas polisi pada protes sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)