5 Kekuatan Five Eyes, Aliansi Intelijen Terkuat di Dunia

Minggu, 24 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
5 Kekuatan Five Eyes, Aliansi Intelijen Terkuat di Dunia
Five Eyes dijuluki sebagai aliansi intelijen terkuat di dunia. Foto/Asia Times
A A A
WASHINGTON - Tuduhan atas pembunuhan aktivis Sikh menempatkan sekutu Kanada pada posisi yang tidak nyaman.

Menyusul tuduhan Kanada minggu ini bahwa agen-agen yang memiliki koneksi ke pemerintah India bertanggung jawab atas penembakan fatal Hardeep Singh Nijjar di wilayah Kanada, sekutu Five Eyes Kanada sejauh ini enggan untuk terlibat terlalu jauh dalam insiden tersebut.

Evan Dyer dari CBC melaporkan minggu ini bahwa Kanada telah mengindikasikan kepada AS dan Inggris selama dan segera setelah KTT G20 di New Delhi awal bulan ini bahwa hubungan Kanada yang sudah sulit dengan India akan semakin memburuk.

Tuduhan publik tersebut telah menempatkan sekutu-sekutu utama Kanada dalam posisi yang tidak nyaman sementara negara-negara Barat berusaha menarik India ke dalam hubungan yang lebih dekat sebagai sekutu potensial melawan China, dan Amerika Serikat bahkan menciptakan apa yang disebut aliansi “quad” antara Amerika Serikat, India, dan Australia. dan Jepang.

Pakar intelijen dan keamanan nasional Wesley Wark mengatakan semua mitra – termasuk Kanada – memiliki pemikiran yang sama.

“Mereka semua mempunyai kepentingan yang sangat besar dalam upaya menjaga hubungan baik dengan India, mencoba dan memajukan hubungan ekonomi, mencoba dan memajukan hubungan militer dalam konteks mencari cara untuk melawan ekspansi Tiongkok di arena Asia-Pasifik,” ujarnya.

Namun AS membantah pihaknya menolak mendukung Kanada setelah laporan Washington Post mengatakan Ottawa telah mencoba dan gagal membuat empat sekutu utamanya – yang secara kolektif dikenal dengan Kanada sebagai Five-Eyes– untuk secara terbuka mengutuk pembunuhan tersebut.

Seorang pejabat senior pemerintahan AS mengatakan kepada CBC News, "Faktanya, kami dengan sangat jelas dan terbuka telah melakukan hal sebaliknya dengan mengungkapkan keprihatinan yang mendalam tidak lama setelah PM Trudeau membuat pengumuman tersebut."

Berikut adalah 5 kekuatan aliansi intelijen Five Eyes.

1. Awalnya Berbagai Sinyal Intelijen

Five Eyes adalah jaringan berbagi intelijen yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Akarnya berawal dari aliansi yang awalnya dibentuk pada tahun 1946 antara Amerika Serikat dan Inggris sebagai cara untuk berbagi sinyal intelijen.

Wilayah ini diperluas pada tahun 1949 hingga mencakup Kanada dan pada tahun 1955 hingga mencakup Australia dan Selandia Baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)