10 Masjid Terindah di Dunia, Nomor 7 Justru Muslimnya Jadi Minoritas

Minggu, 24 September 2023 - 02:35 WIB
loading...
A A A
Masjid Al-Aqsa juga dikenal sebagai Al-Aqsa dan Bayt al-Muqaddas. Ini adalah situs tersuci ketiga dalam Islam. Juga merupakan tempat suci Islam yang terletak di Kota Tua Yerusalem. Di dalam masjid ini sendiri terdapat bagian dari Al-Haram ash-Sharif atau “Sacred Noble Sanctuary” (bersama dengan Dome of the Rock), sebuah situs yang juga dikenal sebagai Temple Mount sebagai situs tersuci dalam agama Yahudi, karena diyakini menjadi Kuil Yerusalem pernah berdiri.

Umat Islam percaya bahwa Nabi Muhammad berangkat dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjid Al-Aqsa selama Perjalanan Malam. Tradisi Islam menyatakan bahwa Nabi Muhammad (damai dan berkah Allah besertanya) memimpin salat ke masjid ini hingga bulan ketujuh belas setelah hijrah, ketika Allah memerintahkannya untuk menghadap Ka'bah.

4. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei

10 Masjid Terindah di Dunia, Nomor 7 Justru Muslimnya Jadi Minoritas

Foto/Wonder List

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien adalah masjid kerajaan Islam yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Kesultanan Brunei. Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid terindah di Asia Pasifik dan merupakan landmark utama serta daya tarik wisata Brunei.

Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1958 dan merupakan contoh arsitektur Islam modern. Masjid ini dibangun di laguna buatan di tepi Sungai Brunei di Kampong Ayer, “desa di dalam air”.

Memiliki menara marmer dan kubah emas dengan halaman dan taman rimbun yang penuh dengan air mancur. Masjid ini dikelilingi oleh banyak pepohonan dan taman bunga yang dalam Islam melambangkan surga. Masjid ini menyatukan arsitektur Mughal dan gaya Italia.

5. Masjid Zahir – Kedah, Malaysia

10 Masjid Terindah di Dunia, Nomor 7 Justru Muslimnya Jadi Minoritas

Foto/Wonder List

Masjid Zahir adalah masjid negara bagian Kedah. Terletak di jantung Alor Star, ibu kota negara bagian Kedah, Malaysia. Ini adalah salah satu masjid termegah dan tertua di Malaysia.

Masjid ini dibangun pada tahun 1912 dengan dana dari Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Arsitektur masjid terinspirasi oleh Masjid AZIZI di kota Langkat di Sumatera Utara, Indonesia. Masjid ini didirikan dengan lima kubah besar yang melambangkan lima prinsip utama Islam.

6. Masjid Faisal Islamabad, Pakistan

10 Masjid Terindah di Dunia, Nomor 7 Justru Muslimnya Jadi Minoritas

Foto/Wonder List

Masjid Faisal di Islamabad adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dan Selatan dan masjid terbesar keempat di dunia.

Itu adalah masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993 sebelum dikalahkan oleh selesainya Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko dan setelah perluasan Masjid Al-Haram (Masjid Agung) Mekah dan Al-Masjid Al- Nabawi (Masjid Nabi Muhammad SAW) di Madinah, Arab Saudi pada tahun 1990an.

7. Masjid Taj ul, Bhopal, India

10 Masjid Terindah di Dunia, Nomor 7 Justru Muslimnya Jadi Minoritas

Foto/Wonder List

Taj-ul-Masajid secara harfiah berarti “Mahkota Masjid” yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini juga digunakan sebagai sekolah Islam pada siang hari. Ini adalah salah satu masjid terbesar di Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)