Jet Tempur F-35A Mendarat di Jalanan Finlandia, Lihat Videonya

Sabtu, 23 September 2023 - 13:11 WIB
loading...
Jet Tempur F-35A Mendarat di Jalanan Finlandia, Lihat Videonya
Sepasang jet tempur F-35A untuk pertama kalinya mendarat di jalan raya. Foto/Autoua
A A A
OSLO - Sepasang jet tempur F-35A produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS), mendarat di jalan raya untuk pertama kalinya. Hal itu diperlihatkan dalam sebuah rekaman dari militer Norwegia , sebuah langkah yang memungkinkan mereka mengurangi waktu rentan di darat saat perang.

Kedua pesawat milik Angkatan Udara Kerajaan Norwegia itu mendarat di Tervo, Finlandia tengah, pada Kamis (21/9/2023) sore sebagai bagian dari latihan militer.

Segera setelah mendarat, kata militer Norwegia, pengisian bahan bakar dilakukan dengan mesin menyala, yang disebut "pengisian bahan bakar di hotpit", sebelum pesawat lepas landas kembali.

“Jet tempur rentan di darat, jadi dengan bisa menggunakan lapangan udara kecil – dan sekarang jalan raya – (ini) meningkatkan kemampuan bertahan kita dalam perang,” kata Mayor Jenderal Rolf Folland, kepala Angkatan Udara Kerajaan Norwegia, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (23/9/2023).





Finlandia, yang bergabung dengan NATO pada bulan April, berbagi perbatasan sepanjang 1.300 km dengan Rusia. Sementara Norwegia adalah anggota pendiri aliansi tersebut.

Jenis jet tempur F-35 lainnya, F-35B yang dapat mendarat secara vertikal, telah mendarat di jalan raya sebelumnya. Ini adalah yang pertama untuk versi jet F-35, yang tidak dapat mendarat secara vertikal.

Selain jet tempur F-35, pesawat lain yang mampu mendarat di jalan raya adalah jet tempur F-16.

Finlandia berencana membeli 64 jet tempur F-35 dari Lockheed Martin.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)