Terlibat Konspirasi dan Spionase, 5 Agen Rahasia Rusia Ditangkap di Inggris

Jum'at, 22 September 2023 - 00:48 WIB
loading...
A A A


Kelompok ini juga dituduh mengorganisir operasi pengawasan di Montenegro yang melibatkan pembuatan kartu identitas palsu untuk jurnalis, termasuk yang bergambar Ivanova.

Roussev, Dzhambazov, dan Ivanova telah tinggal di Inggris selama bertahun-tahun, bekerja di berbagai pekerjaan, dan tinggal di serangkaian properti di pinggiran kota.

Roussev memiliki sejarah urusan bisnis di Rusia. Dia pindah ke Inggris pada tahun 2009 dan menghabiskan tiga tahun bekerja di posisi teknis di bidang jasa keuangan.

Profil LinkedIn-nya menyatakan bahwa dia kemudian memiliki bisnis yang terlibat dalam intelijen sinyal, yang melibatkan intersepsi komunikasi atau sinyal elektronik.

Roussev, yang alamat terbarunya adalah sebuah wisma tepi pantai di Great Yarmouth, juga menyatakan bahwa ia pernah bertindak sebagai penasihat Kementerian Energi Bulgaria.

Di Harrow, mantan tetangganya menggambarkan Dzhambazov dan Ivanova sebagai pasangan.

Dzhambazov digambarkan sebagai sopir rumah sakit dan Ivanova menggambarkan dirinya di profil LinkedIn-nya sebagai asisten laboratorium untuk bisnis kesehatan swasta.

Pasangan ini, yang pindah ke Inggris sekitar satu dekade lalu, menjalankan organisasi komunitas yang memberikan layanan kepada masyarakat Bulgaria, termasuk membiasakan mereka dengan “budaya dan norma masyarakat Inggris”.

Menurut dokumen online negara Bulgaria, mereka juga bekerja untuk komisi pemilu di London yang memfasilitasi pemungutan suara dalam pemilu Bulgaria oleh warga negara yang tinggal di luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)