10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 - 01:35 WIB
loading...
A A A
Suku-suku berbahasa Jerman di Eropa utara sudah ada sejak zaman kuno, tetapi negara Jerman modern mulai terbentuk pada abad ke-19. Kekalahan dalam dua perang dunia pada abad ke-20 membuat negara ini terpecah, dan reunifikasi terjadi pada tahun 1990 setelah runtuhnya negara komunis Jerman Timur. Jerman adalah negara demokrasi parlementer. Warisan Nazisme saat ini terlihat dalam bentuk undang-undang yang tegas yang menangani ujaran kebencian dan penyangkalan Holocaust.

Jerman menerapkan ekonomi pasar sosial – kapitalisme pasar terbuka yang juga memberikan jaminan layanan sosial tertentu. Perekonomiannya merupakan salah satu yang terbesar di dunia dan Jerman merupakan salah satu importir dan eksportir terkemuka di dunia. Jasa, yang mencakup industri seperti telekomunikasi, layanan kesehatan, dan pariwisata, memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian negara. Industri dan pertanian merupakan sektor ekonomi penting lainnya.

10. Selandia Baru

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Pengaruh Inggris dan Polinesia menyebar ke Selandia Baru yang indah, sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik di tenggara Australia. Pemukim awal Maori menyerahkan kedaulatan kepada penjajah Inggris melalui Perjanjian Waitangi pada tahun 1840, dan pemukim Eropa pun membanjirinya.

Saat ini, 70 persen Kiwi, istilah umum bagi masyarakat Selandia Baru yang berarti burung asli yang tidak bisa terbang, adalah keturunan Eropa. Rasa bangga meningkat di kalangan suku Maori, pemukim pertama di negara tersebut yang kini berjumlah sekitar 14 persen, seiring dengan semakin terbukanya penanganan keluhan terhadap tanah air mereka.

Meskipun raja Inggris tetap menjadi kepala negara, Selandia Baru telah beroperasi di bawah demokrasi parlementer independen yang dipimpin oleh seorang perdana menteri sejak kemerdekaannya pada tahun 1907. Pada tahun 2017, Perdana Menteri Jacinda Ardern memimpin partai Buruh progresif menuju kemenangan dan menjadi pemimpin perempuan termuda di Selandia Baru.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)