10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 - 01:35 WIB
loading...
A A A
Negara ini memiliki angka harapan hidup 83,99 tahun, 3,24 tahun lebih tinggi dibandingkan negara tetangganya di selatan, Amerika Serikat.

Kanada mengungguli rata-rata dalam hal pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kesehatan, kualitas lingkungan, hubungan sosial, dan kepuasan hidup, menurut Better Life Index OECD.

Menurut US News and World Report, Kanada menduduki peringkat negara terbaik ketiga berdasarkan kualitas hidup.

Negara ini memiliki cakupan layanan kesehatan universal. Ia menawarkan kepada masyarakat sistem kesehatan yang sebagian besar didanai melalui pendapatan pajak dan gratis pada saat penyerahannya.

Menurut Universitas Columbia, tidak ada pembagian biaya untuk rawat inap atau rawat jalan dan harga obat resep bervariasi namun tetap murah.

4. Denmark

Kerajaan Denmark muncul pada abad ke-10 dan mencakup dua negara kepulauan Atlantik Utara, Kepulauan Faroe dan Greenland. Bersama dengan Swedia dan Norwegia, negara ini membentuk Skandinavia, sebuah kawasan budaya di Eropa Utara.

Kopenhagen, ibu kota Denmark, adalah rumah bagi institusi terkemuka seperti Bursa Efek Kopenhagen. Ibu kota ini juga berfungsi sebagai penghubung yang menghubungkan Eropa Utara dengan seluruh dunia, dengan bandara internasional terbesar di Skandinavia, pelabuhan aktif, sistem kereta bawah tanah, dan Jembatan Oresund, yang menghubungkan kota ini ke Malmo, Swedia.

Sejak tahun 1849, Denmark beroperasi di bawah monarki konstitusional. Ratu Margrethe II adalah kepala negara seremonial saat ini dan Mette Frederiksen adalah perdana menteri. Folketing adalah badan legislatif tertinggi di Denmark; anggotanya dipilih oleh rakyat Denmark. Pemerintah Denmark dianggap sangat stabil dan sangat transparan.

5. Finlandia

Geografi menjelaskan sejarah dan budaya Finlandia Nordik, salah satu negara dengan jangkauan paling utara di dunia. Berbatasan dengan Norwegia, Swedia, Rusia, Laut Baltik, dan Teluk Bothnia, Finlandia dan hamparan lahan terbuka berhutan lebatnya yang luas berfungsi sebagai gerbang utara antara Barat dan Timur.

Finlandia adalah negara bilingual – Finlandia dan Swedia keduanya merupakan bahasa resmi.

Swedia dan Rusia bergantian memerintah Finlandia dari akhir abad ke-12 hingga awal abad ke-20. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaan setelah Revolusi Rusia dan pada tahun 2017, Finlandia merayakan 100 tahun kemerdekaannya. Budaya Finlandia memainkan peran penting dalam membangun identitas nasional. “Kalevala”, kumpulan puisi abad ke-19 yang disusun dari lagu-lagu daerah balada, dipandang membantu memperkuat semangat Finlandia.

6. Swiss

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Swiss, yang secara resmi disebut Konfederasi Swiss, adalah sebuah negara kecil di Eropa Tengah yang terdiri dari pegunungan Alpen, danau, dan lembah yang diukir gletser seluas 16.000 mil persegi. Ini adalah salah satu negara terkaya di dunia, dan telah terkenal selama berabad-abad karena netralitasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)