10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Jum'at, 22 September 2023 - 01:35 WIB
loading...
10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia
Swedia merupakan negara dengan kualitas hidup terbaik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - US News and World Report baru-baru ini merilis peringkat negara-negara terbaik di dunia berdasarkan kualitas hidup.

Untuk menentukan peringkat 87 negara yang terdaftar, US News and World Report, WPP dan Wharton School dari University of Pennsylvania mensurvei lebih dari 17.000 orang di seluruh dunia.

Negara-negara terbaik dalam hal kualitas hidup dinilai berdasarkan metrik berikut yakni (1)Terjangkau, (2) Pasar Kerja yang Baik, (3) Stabil Secara Ekonomi, (4) Ramah Keluarga, (5) Kesetaraan Pendapatan, (6) Stabil Secara Politik, (7) Aman, (8) Sistem Kesehatan Masyarakat yang berkembang dengan baik, dan (9) Sistem Pendidikan Publik yang berkembang dengan baik.

Berikut adalah 10 negara dengan kualitas hidup terbaik.

1. Swedia

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Siapa juaranya? Negara nomor 1 dalam hal kualitas hidup adalah Swedia

Swedia adalah negara terbaik di dunia dalam hal keterjangkauan, keamanan, dan banyak lagi.

Menurut Numbeo, biaya hidup di Swedia rata-rata 20,9% lebih rendah dibandingkan di Amerika Serikat, sementara biaya sewa 57,5% lebih rendah.

Swedia terkenal dengan layanan kesehatan dan pendidikan perguruan tinggi gratisnya, menurut U.S. News and World Report.

Penduduk Swedia merupakan salah satu negara dengan harapan hidup terpanjang, dengan usia rata-rata 82,8 tahun, menurut CIA World Factbook.

Negara ini mempunyai kebijakan cuti yang luar biasa: Orang tua berhak atas cuti berbayar selama 480 hari ketika seorang anak lahir atau diadopsi. Jika ada dua orang tua, masing-masing berhak atas 240 hari tersebut.

Swedia menduduki peringkat negara terbaik berdasarkan kualitas hidup, menurut US News and World Report.

2. Norwegia

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Norwegia berada di urutan kedua dalam daftar 10 negara terbaik di dunia untuk kualitas hidup. Angka harapan hidup saat lahir di negara ini adalah 82,75 tahun. Menurut Laporan Kebahagiaan Dunia, Norwegia termasuk di antara 10 negara paling bahagia di dunia.

Norwegia menduduki peringkat negara terbaik kedua di dunia dalam hal kualitas hidup.

Negara ini adalah penentu tren kesetaraan gender, menurut CIA World Factbook.

Cuti orang tua di negara ini memungkinkan orang tua untuk membagi waktu merawat anak mereka di rumah hingga 49 minggu dengan gaji penuh (atau 59 minggu dengan 80% dari gaji mereka).

Norwegia juga menawarkan tunjangan bulanan kepada keluarga mulai dari satu bulan setelah seorang anak lahir hingga mereka berusia 18 tahun untuk membiayai sebagian biaya membesarkan anak.

Angka harapan hidup Norwegia saat lahir adalah 82,75 tahun dan sejak tahun 2013, negara ini masuk dalam peringkat 10 besar negara paling bahagia di dunia berdasarkan Laporan Kebahagiaan Dunia.


3. Kanada

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Kanada mendapat nilai bagus dalam metrik keterjangkauan, akses terhadap pendidikan, dan sistem layanan kesehatan. Harapan hidup di Kanada adalah 83,99 tahun.

Negara ini menjamin pendapatan yang baik, lapangan kerja, kualitas lingkungan dan hubungan sosial. Itu berdasarkan Better Life Index OECD.

Kanada melengkapi posisi tiga besar. Negara ini terkenal dengan keterjangkauan, akses terhadap pendidikan, dan sistem perawatan kesehatan.

Negara ini memiliki angka harapan hidup 83,99 tahun, 3,24 tahun lebih tinggi dibandingkan negara tetangganya di selatan, Amerika Serikat.

Kanada mengungguli rata-rata dalam hal pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kesehatan, kualitas lingkungan, hubungan sosial, dan kepuasan hidup, menurut Better Life Index OECD.

Menurut US News and World Report, Kanada menduduki peringkat negara terbaik ketiga berdasarkan kualitas hidup.

Negara ini memiliki cakupan layanan kesehatan universal. Ia menawarkan kepada masyarakat sistem kesehatan yang sebagian besar didanai melalui pendapatan pajak dan gratis pada saat penyerahannya.

Menurut Universitas Columbia, tidak ada pembagian biaya untuk rawat inap atau rawat jalan dan harga obat resep bervariasi namun tetap murah.

4. Denmark

Kerajaan Denmark muncul pada abad ke-10 dan mencakup dua negara kepulauan Atlantik Utara, Kepulauan Faroe dan Greenland. Bersama dengan Swedia dan Norwegia, negara ini membentuk Skandinavia, sebuah kawasan budaya di Eropa Utara.

Kopenhagen, ibu kota Denmark, adalah rumah bagi institusi terkemuka seperti Bursa Efek Kopenhagen. Ibu kota ini juga berfungsi sebagai penghubung yang menghubungkan Eropa Utara dengan seluruh dunia, dengan bandara internasional terbesar di Skandinavia, pelabuhan aktif, sistem kereta bawah tanah, dan Jembatan Oresund, yang menghubungkan kota ini ke Malmo, Swedia.

Sejak tahun 1849, Denmark beroperasi di bawah monarki konstitusional. Ratu Margrethe II adalah kepala negara seremonial saat ini dan Mette Frederiksen adalah perdana menteri. Folketing adalah badan legislatif tertinggi di Denmark; anggotanya dipilih oleh rakyat Denmark. Pemerintah Denmark dianggap sangat stabil dan sangat transparan.

5. Finlandia

Geografi menjelaskan sejarah dan budaya Finlandia Nordik, salah satu negara dengan jangkauan paling utara di dunia. Berbatasan dengan Norwegia, Swedia, Rusia, Laut Baltik, dan Teluk Bothnia, Finlandia dan hamparan lahan terbuka berhutan lebatnya yang luas berfungsi sebagai gerbang utara antara Barat dan Timur.

Finlandia adalah negara bilingual – Finlandia dan Swedia keduanya merupakan bahasa resmi.

Swedia dan Rusia bergantian memerintah Finlandia dari akhir abad ke-12 hingga awal abad ke-20. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaan setelah Revolusi Rusia dan pada tahun 2017, Finlandia merayakan 100 tahun kemerdekaannya. Budaya Finlandia memainkan peran penting dalam membangun identitas nasional. “Kalevala”, kumpulan puisi abad ke-19 yang disusun dari lagu-lagu daerah balada, dipandang membantu memperkuat semangat Finlandia.

6. Swiss

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Swiss, yang secara resmi disebut Konfederasi Swiss, adalah sebuah negara kecil di Eropa Tengah yang terdiri dari pegunungan Alpen, danau, dan lembah yang diukir gletser seluas 16.000 mil persegi. Ini adalah salah satu negara terkaya di dunia, dan telah terkenal selama berabad-abad karena netralitasnya.

Konfederasi Swiss awalnya didirikan pada tahun 1291 sebagai aliansi pertahanan antar kanton. Pada tahun 1499, konfederasi ini merdeka dari Kekaisaran Romawi Suci. Pada tahun 1848, konstitusi baru mengubah konfederasi menjadi pemerintahan federal yang terpusat, mengakhiri periode konflik. Sejak itu, negara ini relatif tenang.

Swiss memiliki tingkat pengangguran yang rendah, angkatan kerja terampil dan salah satu produk domestik bruto per kapita tertinggi di dunia, menurut CIA World Factbook. Perekonomian negara yang kuat didukung oleh tarif pajak perusahaan yang rendah, sektor jasa yang sangat maju yang dipimpin oleh jasa keuangan, dan industri manufaktur berteknologi tinggi.

Swiss adalah republik federal yang terdiri dari 26 kanton dan ibu kota administratif di Bern. Sebagian besar warganya tinggal di kota-kota besar dan kecil, yang paling padat penduduknya adalah Zurich – kota paling kosmopolitan di negara tersebut. Negara ini bangga akan keberagamannya, dan merupakan rumah bagi daerah-daerah dengan identitas budaya yang berbeda. Bahasa Jerman, Prancis, Italia, dan Romansh semuanya menikmati status nasional.

7. Belanda

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Terletak di sepanjang pinggiran Eropa Barat, Belanda merupakan dataran rendah pesisir yang dipenuhi kincir angin yang menjadi ciri khas perkembangannya di sekitar perairan. Tiga sungai besar di Eropa – Rhine, Meuse dan Schelde – mengalir melalui negara tetangga Jerman dan Belgia menuju pelabuhan-pelabuhan sibuk di negara tersebut.

Kerajaan Belanda muncul pada tahun 1815 setelah bertahun-tahun pendudukan Spanyol dan kemudian Perancis. Pada tahun 2010, kumpulan wilayah kepulauan di Karibia yang dikenal sebagai Antillen Belanda dibubarkan, namun Aruba, Curacao, dan Sint Maarten tetap menjadi negara konstituen di Kerajaan tersebut.

Dikenal sebagai orang Belanda, masyarakat Belanda telah lama dianggap sebagai masyarakat yang toleran, meskipun beberapa politisi semakin menyuarakan keprihatinan mengenai imigrasi.

Pada tahun 2001, negara ini menjadi negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis, dan sikap nasional terhadap narkoba, prostitusi, euthanasia, dan aborsi bersifat liberal. Negara ini juga memiliki konsentrasi museum tertinggi di dunia. Itu adalah tempat kelahiran Rembrandt dan Van Gogh, serta mikroskop, teleskop dan termometer.

8. Australia

Persemakmuran Australia menempati benua Australia. Negara ini juga mencakup beberapa pulau, terutama Tasmania. Masyarakat adat menduduki tanah tersebut setidaknya selama 40.000 tahun sebelum pemukiman Inggris pertama pada abad ke-18.

Australia memiliki pemerintahan demokrasi parlementer yang mirip dengan Inggris. Meskipun negara ini membagi pemerintahan federal menjadi “tiga badan” – parlemen, eksekutif dan yudikatif – namun tanggung jawab eksekutif berada di tangan parlemen. Pada tahun 1986, negara ini mengakhiri semua ikatan konstitusional dengan Inggris, meskipun Ratu Elizabeth II tetap menjadi kepala negara seremonial.

Sejak akhir abad ke-18, Australia telah dipengaruhi oleh budaya Inggris, Celtic, dan AS. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, imigrasi dari negara-negara yang tidak berbahasa Inggris – terutama dari Asia – telah mengubah profil demografis negara tersebut dan mempengaruhi budaya populernya.

9. Jerman

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Jerman, negara terpadat di Uni Eropa, memiliki salah satu perekonomian terbesar di dunia dan perannya dalam komunitas internasional terus meningkat sejak reunifikasi. Negara Eropa Tengah ini berbatasan dengan sembilan negara, dan bentang alamnya bervariasi, dari dataran utara yang mencapai Laut Utara dan Baltik hingga Pegunungan Alpen Bavaria di selatan.

Suku-suku berbahasa Jerman di Eropa utara sudah ada sejak zaman kuno, tetapi negara Jerman modern mulai terbentuk pada abad ke-19. Kekalahan dalam dua perang dunia pada abad ke-20 membuat negara ini terpecah, dan reunifikasi terjadi pada tahun 1990 setelah runtuhnya negara komunis Jerman Timur. Jerman adalah negara demokrasi parlementer. Warisan Nazisme saat ini terlihat dalam bentuk undang-undang yang tegas yang menangani ujaran kebencian dan penyangkalan Holocaust.

Jerman menerapkan ekonomi pasar sosial – kapitalisme pasar terbuka yang juga memberikan jaminan layanan sosial tertentu. Perekonomiannya merupakan salah satu yang terbesar di dunia dan Jerman merupakan salah satu importir dan eksportir terkemuka di dunia. Jasa, yang mencakup industri seperti telekomunikasi, layanan kesehatan, dan pariwisata, memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian negara. Industri dan pertanian merupakan sektor ekonomi penting lainnya.

10. Selandia Baru

10 Negara Terbaik dalam Kualitas Hidup, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Pengaruh Inggris dan Polinesia menyebar ke Selandia Baru yang indah, sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik di tenggara Australia. Pemukim awal Maori menyerahkan kedaulatan kepada penjajah Inggris melalui Perjanjian Waitangi pada tahun 1840, dan pemukim Eropa pun membanjirinya.

Saat ini, 70 persen Kiwi, istilah umum bagi masyarakat Selandia Baru yang berarti burung asli yang tidak bisa terbang, adalah keturunan Eropa. Rasa bangga meningkat di kalangan suku Maori, pemukim pertama di negara tersebut yang kini berjumlah sekitar 14 persen, seiring dengan semakin terbukanya penanganan keluhan terhadap tanah air mereka.

Meskipun raja Inggris tetap menjadi kepala negara, Selandia Baru telah beroperasi di bawah demokrasi parlementer independen yang dipimpin oleh seorang perdana menteri sejak kemerdekaannya pada tahun 1907. Pada tahun 2017, Perdana Menteri Jacinda Ardern memimpin partai Buruh progresif menuju kemenangan dan menjadi pemimpin perempuan termuda di Selandia Baru.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)