alexa snippet

Dua Jet Tempur Rusia Terbang Dekati Kapal Perang Belanda

Dua Jet Tempur Rusia Terbang Dekati Kapal Perang Belanda
Kapal perang Belanda HNLMS Evertsen didekati pesawat jet tempur Su-24 di Laut Baltik. Foto/Dutch Defense Ministry
A+ A-
AMSTERDAM - Dua pesawat jet tempur Su-24 Rusia terbang mendekati kapal perang HNLMS Evertsen Belanda. Kejadian itu berlangsung di kawasan Laut Baltik pada hari Selasa lalu.

Angkatan Laut Belanda menyatakan, dua jet tempur Rusia berada di jarak sekitar 200 meter di dekat kapal HNLMS Eversten. Namun, tidak jelas apakah dua jet tempur Moskow itu dilengkapi senjata berbahaya atau tidak.

Kedua jet tempur Moskow, lanjut Angkatan Laut Belanda yang dilaporkan Business Insider, semalam (17/5/2017), bukan sebagai ancaman bagi kapal perang yang dilengkapi radar dan rudal udara itu.

Jika terjadi serangan yang sebenarnya, kemungkinan jet-jet Rusia tersebut akan melepaskan rudal jarak jauh tanpa berisiko terlalu dekat dengan kapal Evertsen yang memiliki senjata berat.

Jet-jet Rusia memiliki sejarah panjang soal pertemuan dengan kapal-kapal NATO di Laut Baltik. Pada 2016 lalu, pesawat jet tempur Su-24 berulang kali “membully” kapal perang Amerika Serikat, USS Donald Cook. AS kala itu menyebut, jet tempur Rusia melakukan simulasi serangan.

Pada saat itu, pensiunan Kapten Angkatan Laut AS Rick Hoffman menggambarkan tindakan jet tempur Rusia sebagai gangguan, tapi bukan tindakan perang.

”Anda tidak bisa membunuh orang hanya karena mereka sedang mengganggu,” kata Hoffman kepada Navy Times, saat menilai ulah pesawat jet tempur Moskow terhadap kapal perang AS.



(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top