UEA dan Arab Saudi Kutuk Penyerbuan Ekstremis Israel ke Masjid Al-Aqsa

Rabu, 20 September 2023 - 05:56 WIB
loading...
UEA dan Arab Saudi Kutuk Penyerbuan Ekstremis Israel ke Masjid Al-Aqsa
Polisi Israel mengawal pengunjung Yahudi saat mereka mengunjungi kompleks Masjid al-Aqsa pada 17 September lalu. Foto/Al Arabiya
A A A
YERUSALEM - Uni Emirat Arab (UEA) mengutukpenyerbuanekstremis Israel ke Masjid al-Aqsa di bawah perlindungan polisi Zionis, dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Kementerian Luar Negeri negara Teluk tersebut mengatakan bahwa situs suci di Yerusalem harus diberikan perlindungan penuh serta menyerukan penghentian pelanggaran serius dan provokatif yang terjadi di sana.

Lokasi yang sering menjadi titik konflik antara Israel dan Palestina juga dihormati oleh komunitas Yahudi, yang menyebut tempat itu sebagai Temple Mount. Masjid al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan dikelola oleh Yordania. Non-Muslim diperbolehkan mengunjungi situs tersebut, tetapi tidak boleh beribadah di sana.

“Kementerian meminta pihak berwenang Israel untuk menghentikan eskalasi, dan menghindari memperburuk ketegangan dan ketidakstabilan di kawasan, menegaskan penolakan UEA terhadap semua praktik yang melanggar resolusi legitimasi internasional dan mengancam eskalasi lebih lanjut,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri UEA seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu (20/9/2023).



Penyerbuantersebut terjadi bertepatan dengan tradisi Yahudi Rosh Hashana atau Tahun Baru Yahudi pada 17 September lalu.

UEA secara rutin mengecam tindakan Israel yang berdampak pada warga Palestina atau memicu kerusuhan di negara yang dilanda konflik tersebut meskipun hubungan perdagangan dan investasi antara UEA dengan Israel telah berkembang sejak penandatanganan perjanjian Abraham Accords pada tahun 2020, di mana kedua negara menjalin hubungan diplomatik.

Kedua negara memperingati ulang tahun ketiga perjanjian tersebut pada tanggal 15 September lalu.

Sebelumnya, pada Senin, Arab Saudi juga mengeluarkan pernyataan yang mengecam insiden tersebut.

“Kementerian Luar Negeri menyampaikan kecaman dan kecaman Kerajaan Arab Saudi atas penyerbuan Masjid al-Aqsa yang dilakukan sekelompok ekstremis di bawah perlindungan pasukan pendudukan Israel,” menurut laporan Saudi Press Agency (SPA).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)