Dijanjikan Kerja di Rusia dengan Gaji Rp32 Juta, Remaja Kuba Dikirim ke Garda Depan Perang Ukraina

Selasa, 19 September 2023 - 19:11 WIB
loading...
A A A
Gaji bulanan rata-rata di Kuba jauh lebih rendah, menjadikannya prospek yang menarik.

TIME meninjau kembali kontrak kerja tersebut, yang menurut mereka memerlukan komitmen satu tahun, namun disertai dengan biaya pendaftaran dan pembayaran untuk keluarga calon anggota jika mereka terbunuh dalam aksi.

Jumlah pasti warga Kuba yang direkrut melalui inisiatif ini masih belum pasti, dengan perkiraan yang diberikan kepada TIME berkisar antara ratusan hingga lebih dari seribu.

Meskipun Kementerian Luar Negeri Kuba menggambarkan upaya perekrutan tersebut sebagai "jaringan perdagangan manusia", empat pakar Kuba dan mantan pejabat AS menyatakan skeptis terhadap TIME.

Mereka mengatakan bahwa pemerintah Kuba, sekutu lama Rusia, mungkin menggunakan bahasa tersebut untuk mempertahankan kesan netral dalam konflik Ukraina.

Terlepas dari sifat atau asal usul perekrutan, terdapat kekhawatiran di AS bahwa pekerja baru seperti Vegas DĂ­az mungkin telah tertipu untuk menerima tawaran pekerjaan.

Departemen Luar Negeri Kuba mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada TIME bahwa "kami sangat prihatin bahwa generasi muda Kuba mungkin telah ditipu dan direkrut untuk berperang demi Rusia dalam invasi brutal skala penuh ke Ukraina, dan kami terus memantau situasi ini dengan cermat."

Departemen Luar Negeri AS tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Insider.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)