7 Perubahan Besar jika Kesepakatan dengan AS dan Arab Saudi Terwujud

Selasa, 19 September 2023 - 21:30 WIB
loading...
A A A
Murphy, anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat dari Partai Demokrat, mengatakan dia mendukung normalisasi Israel-Saudi dan terbuka untuk meninjau perjanjian yang lebih luas tetapi tidak akan mudah diyakinkan.

Namun, Jared Kushner, yang di bawah Trump mempelopori tiga kesepakatan Arab-Israel yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham, telah mendesak ayah mertuanya untuk mempertimbangkan mendukung upaya Biden sebagai pembenaran atas rekam jejak Trump di Timur Tengah, menurut seseorang yang mengetahui diskusi tersebut.

7. Mendorong Negara Lain Membuka Hubungan Diplomasi dengan Israel

7 Perubahan Besar jika Kesepakatan dengan AS dan Arab Saudi Terwujud

Foto/Reuters

Bagi Netanyahu, hubungan diplomatik dengan Arab Saudi, yang merupakan penjaga dua tempat suci umat Islam, akan menjadi hadiah yang telah lama ditunggu-tunggu dan dapat mendorong negara-negara Muslim lainnya untuk mengikuti jejaknya dan juga membuka jalan bagi perluasan integrasi ekonomi Israel di Timur Tengah yang lebih luas.

Namun koalisi Netanyahu kemungkinan akan menolak apa pun selain sikap sederhana terhadap warga Palestina, yang dapat menggagalkan kesepakatan normalisasi apa pun.

Pembicaraan Biden dengan Netanyahu di Majelis Umum PBB pada hari Rabu dapat memberikan indikasi seberapa jauh ia siap untuk bertindak.

Seperti MbS, Netanyahu tidak berbuat banyak untuk menghilangkan kesan bahwa dia mungkin lebih memilih untuk menjadi presiden Trump yang kedua, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka bisa menunggu hasil pemilu.

Jika waktunya habis, pemerintah mungkin harus menerima kesepakatan yang lebih terbatas atau mencoba menyepakati garis besar kesepakatan di masa depan, kata para ahli.

Idenya kemudian adalah untuk menyelesaikan rincian nanti jika Biden memenangkan masa jabatan kedua.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)