Zelensky: Jika Ukraina Jatuh, Putin Pasti Akan Melangkah Lebih Jauh

Selasa, 19 September 2023 - 00:43 WIB
loading...
Zelensky: Jika Ukraina Jatuh, Putin Pasti Akan Melangkah Lebih Jauh
Presiden Volodymyr Zelensky memperingatkan sekutu Baratnya bahwa jika Ukraina jatuh maka Presiden Rusia Vladimir Putin akan melangkah lebih jauh yang bisa memicu Perang Dunia III. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dukungan finansial Amerika Serikat (AS) kepada Kyiv lebih dari sekadar mendukung negara yang sedang berperang melawan Rusia, namun juga merupakan sarana untuk mengekang agresi global lebih lanjut yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Amerika Serikat mendukung Ukraina secara finansial dan saya berterima kasih atas hal ini,” kata Zelensky dalam wawancara dengan program “60 Minutes” di CBS News.

“Saya pikir mereka tidak hanya mendukung Ukraina. Jika Ukraina jatuh, Putin pasti akan melangkah lebih jauh," ujarnya, yang dilansir Senin (18/9/2023).



Scott Pelley dari CBS bertanya kepada Zelensky apakah dia memperkirakan jumlah dukungan sebesar itu akan terus berlanjut dengan menyebutkan perkiraan puluhan miliar dolar AS yang telah diberikan untuk upaya perang Ukraina.

“Apa yang akan dilakukan Amerika Serikat ketika Putin mencapai negara-negara Baltik? Kapan dia mencapai perbatasan Polandia? Dia akan melakukannya,” kata Zelensky.

"Uangnya banyak, terima kasih banyak. Apa lagi yang harus dilakukan Ukraina agar semua orang dapat mengukur rasa terima kasih kami yang sebesar-besarnya? Kami sekarat dalam perang ini.”

“Dengar, jika Ukraina jatuh, apa yang akan terjadi sepuluh tahun lagi? Pikirkan saja. Jika [Rusia] mencapai Polandia, apa selanjutnya? Perang Dunia Ketiga?” lanjut Zelensky.

Ketika ditanya apakah dibutuhkan bantuan miliaran dolar lebih banyak untuk mencegah hal ini, Zelensky berkata, “Saya tidak punya jawaban.”

“Seluruh dunia [harus] memutuskan apakah kita ingin menghentikan Putin, atau apakah kita ingin memulai perang dunia,” lanjut Zelensky.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)