10 Alasan Armenia Meninggalkan Rusia dan Mendekati AS

Minggu, 17 September 2023 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Namun dalam upayanya untuk meningkatkan keamanannya dalam menghadapi Azerbaijan, Armenia secara tidak sengaja memberikan penghinaan yang pedas kepada Rusia. ICC memiliki surat perintah penangkapan yang luar biasa terhadap Putin atas dugaan skema deportasi anak-anak Ukraina.

“Waktunya sangat buruk,” kata Ter-Matevosyan. Namun, ia mengklaim, “pemerintah Armenia telah melakukan pekerjaan yang buruk dalam menjelaskan secara jelas kepada mitranya di Rusia mengenai dua makna di balik proses ratifikasi Statuta Roma.”

8. Bergabung dengan Aliansi Barat

10 Alasan Armenia Meninggalkan Rusia dan Mendekati AS

Foto/Reuters

Belum jelas apakah upaya Armenia untuk menciptakan kemitraan internasional baru semata-mata dimotivasi oleh upaya Armenia untuk meningkatkan keamanannya, atau apakah upaya ini merupakan poros Barat yang lebih luas.

“Sebagai negara kecil, cukup berisiko bagi Armenia untuk melakukan perubahan arah, sebuah lompatan geopolitik yang besar. Kami tahu risikonya,” kata Anna Ohanyan, pakar kebijakan luar negeri Rusia dan profesor di Stonehill College di Massachusetts, kepada CNN.

Alih-alih berusaha memutuskan hubungan sepenuhnya dengan Rusia, Armenia hanya “menipiskan” pengaruhnya, kata Ohanyan.

Meskipun langkah-langkah yang diambil sejauh ini mungkin sederhana, langkah-langkah tersebut dapat menempatkan Armenia pada jalur yang sulit untuk diubah. “Jika Putin bangun besok dan tiba-tiba mulai menerapkan berbagai jenis kebijakan – dengan memberikan jaminan keamanan khusus – saya rasa kebijakan luar negeri Armenia tidak akan dikalibrasi ulang,” kata Ohanyan.

9. Tidak Ingin Terjebak dalam Konflik Rusia dan NATO

Para pemimpin Armenia bukannya tidak menyadari tantangan yang ada di depan. Berbicara kepada La Repubblica, Pashinyan mengatakan dia khawatir Armenia akan terjebak di tengah-tengah, terjebak di antara Rusia dan Barat.

“Negara-negara atau pakar Barat… mengkualifikasikan Armenia sebagai negara pro-Rusia. Sebaliknya, banyak kalangan di Rusia yang menganggap Armenia atau pemerintahannya… pro-Barat,” ujarnya.

Karena tidak mampu berbuat cukup untuk menyenangkan salah satu pihak, Armenia mungkin mengambil risiko mengasingkan keduanya, sehingga membiarkan dirinya terekspos.

10. Rusia Sudah Tebar Ancaman

Banyak orang di Yerevan sudah mulai takut akan potensi teguran Rusia. Hal ini bisa bersifat ekonomi, karena Rusia mengendalikan sebagian besar perekonomian Armenia, mulai dari telekomunikasi hingga energi.

Kremlin melarang impor produk susu dari Armenia pada bulan April – seolah-olah setelah ditemukan adanya masalah kesehatan, namun Ohanyan menyarankan hal ini sebagai hukuman bagi Yerevan mengingat ratifikasi ICC.

Atau bisa jadi sesuatu yang lebih buruk. “Kita harus ingat bahwa Rusia memiliki potensi destruktif yang sangat besar di kawasan ini,” kata Ter-Matevosyan, merujuk pada pangkalan militer Rusia yang cukup besar di utara Yerevan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)