Setelah 1 Bulan Tidak Aktif, Militer AS Kembali Aktifkan Penerbangan Drone di Niger

Jum'at, 15 September 2023 - 08:19 WIB
loading...
Setelah 1 Bulan Tidak Aktif, Militer AS Kembali Aktifkan Penerbangan Drone di Niger
Amerika Serikat kembali menerbangkan drone di Niger setelah satu bulan kudeta militer di negara tersebut. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) telah melanjutkan penerbangan drone dan misi pesawat berawak keluar dari pangkalannya di Niger sebagai bagian dari misi kontraterorismenya. Hal itu ditegaskan Kepala Angkatan Udara Washington di Eropa dan Afrika, Jenderal James Hecker

Dimulainya kembali operasi tersebut terjadi lebih dari sebulan setelah operasi dihentikan sebagai tanggapan terhadap kudeta 26 Juli di Niger, yang menggulingkan Presiden Mohamed Bazoum.

Berbicara kepada wartawan pada konvensi tahunan Asosiasi Angkatan Udara dan Luar Angkasa di National Harbor, Maryland, Hecker mengatakan operasi drone untuk misi intelijen dan pengawasan telah dilanjutkan “dalam beberapa minggu terakhir” setelah pembicaraan dengan para pemimpin kudeta di Niamey.

“Untuk sementara waktu, kami tidak melakukan misi apa pun di pangkalan tersebut, mereka menutup lapangan terbang,” kata Hecker, dilansir RT.



“Melalui proses diplomasi yang kami lakukan sekarang, saya tidak akan mengatakan 100% misi yang kami lakukan sebelumnya, tetapi kami melakukan sejumlah besar misi yang kami lakukan sebelumnya,” tambahnya.

Niger adalah pusat utama operasi militer AS yang melibatkan intelijen kontraterorisme, pengintaian, dan pengawasan terhadap kelompok gerilyawan Islam di wilayah Sahel, Afrika Barat. Washington memiliki dua pangkalan di negara itu, yang menampung sekitar 1.100 tentara AS.

Pekan lalu, penguasa militer baru Niamey mengumumkan bahwa mereka telah membuka kembali wilayah udara negara itu untuk semua penerbangan komersial, yang telah ditutup sejak awal Agustus, hanya beberapa hari setelah mereka mengambil alih pemerintahan.

Namun, seorang pejabat militer AS mengatakan kepada kantor berita VOA dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Jumat bahwa akses penerbangan komersial belum “menormalkan” frekuensi penerbangan drone.

Pentagon sebelumnya mengatakan beberapa personel dan aset militernya telah dipindahkan dari pangkalan udara dekat ibu kota Niger ke pangkalan udara lain di Agadez, tempat tentara menerbangkan drone sejak 2019.

Sabrina Singh, wakil sekretaris pers Pentagon, mengklarifikasi bahwa langkah tersebut hanya merupakan tindakan pencegahan. Dia menekankan bahwa tidak ada ancaman terhadap pasukan AS atau kekerasan di lapangan.

Sekretaris Pers Departemen Pertahanan AS Brigadir Jenderal Patrick Ryder juga dilaporkan mengkonfirmasi bahwa Washington kembali melakukan misi terbang di Niger, tetapi hanya untuk “memantau ancaman demi tujuan perlindungan pasukan.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)