8 Kisah Menarik Putri Martha Louise dari Kerajaan Norwegia yang Akan Menikah dengan Dukun Gadungan

Sabtu, 16 September 2023 - 17:54 WIB
loading...
8 Kisah Menarik Putri Martha Louise dari Kerajaan Norwegia yang Akan Menikah dengan Dukun Gadungan
Putri Martha Louise dari Kerajaan Norwegia akan menikahi dukun palsu. Foto/WIkimedia
A A A
OSLO - Dari karier terapi pengobatan tradisional nya yang kontroversial hingga kematian tragis suami pertamanya, Putri Martha Louise dari Norwegia , pewaris takhta keempat, memiliki banyak kisah menarik.

Jika ada satu hal yang bisa dikatakan tentang Putri Louise, dia tampaknya menjadi sumber inspirasi yang tiada habisnya bagi media massa di Norwegia.

Baik itu kehidupan cintanya, usaha bisnisnya, atau pernyataan publiknya, ia dapat membangkitkan sanjungan sekaligus cemoohan dari masyarakat umum.

Berikut adalah 8 Kisah Menarik Putri Martha Louise dari Kerajaan Norwegia yang Akan Menikah dengan Dukun.

1. Yang pertama lahir tapi bukan yang pertama dalam antrean

8 Kisah Menarik Putri Martha Louise dari Kerajaan Norwegia yang Akan Menikah dengan Dukun Gadungan

Foto/Reuters

Melansir Life in Norway, Putri Louise lahir pada tanggal 22 September 1971, di Rumah Sakit Universitas Rikshospitalet di Oslo. Namanya diambil dari nama ibu ayahnya, Putri Mahkota Märtha, dan nenek buyutnya, Ratu Louise, ibu Raja Haakon VII.

Aturan suksesi yang berlaku pada saat kelahirannya berarti bahwa dia tidak berhak atas takhta, karena dia adalah perempuan.

Perubahan yang dilakukan terhadap konstitusi pada tahun 1990 kini menetapkan bahwa anak sulung akan menjadi yang pertama dalam garis suksesi tanpa memandang jenis kelamin. Inilah sebabnya Putri Ingrid Alexandra, putri Putra Mahkota Haakon, berada di urutan ketiga pewaris takhta setelah Louise.

Karena Louise lahir jauh sebelum amandemen konstitusi diadopsi, diputuskan bahwa laki-laki akan terus diutamakan daripada perempuan untuk anak-anak yang lahir sebelum tahun 1990.

Menariknya, meskipun Louise tidak termasuk dalam garis suksesi takhta Norwegia pada saat kelahirannya, ia berada di urutan ke-26 takhta Inggris. Pasalnya, ayahnya (saat itu Putra Mahkota Harald dan Raja Harald V sekarang) merupakan sepupu kedua Ratu Elizabeth.

2. Pernah Bersekolah Umum

Putri Louise menghabiskan masa kecilnya di Skaugum Estate, dekat Oslo. Orangtuanya ingin anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang normal, dan baik sang putri maupun saudara laki-lakinya bersekolah di pusat penitipan anak kota dan sekolah dasar setempat.

Sang putri bernyanyi dalam paduan suara dan memainkan seruling. Dia bergabung dengan kelompok tari rakyat di Museum Sejarah Budaya Norwegia, dan gemar berkuda di tahun-tahun pertumbuhannya.

3. Pernah Menikah dengan Ari Behn

8 Kisah Menarik Putri Martha Louise dari Kerajaan Norwegia yang Akan Menikah dengan Dukun Gadungan

Foto/Wikimedia

Sang putri bertunangan dengan Ari Behn (lahir Ari Mikael Bjørshol) pada tahun 2001, dan menikah dengannya di katedral Nidaros di Trondheim pada tanggal 24 Mei 2002.

Ari Behn meraih kesuksesan sastra pada tahun 1999 dengan kumpulan cerita pendek berjudul Trist som faen (Sedih sekali). Buku pertamanya ini tetap menjadi kesuksesan sastra terbesarnya, dipuji oleh para kritikus, sementara novel-novel berikutnya mendapat tinjauan yang beragam.

Pada awal tahun 2000-an, ia sering digambarkan di media Norwegia sebagai seorang poseur yang sok, sering dan flamboyan berdebat dengan kritikus dan artis lain. Dalam contoh terkenal dari pertengkaran publik tersebut, dia menantang kritikus Kjetil Rolness untuk berduel dengan pistol atau pedang pada tahun 2001.


4. Melepaskan gelar kerajaan

Märtha Louise memperoleh dekrit kerajaan pada tahun 2002 yang membebaskannya dari peran konstitusionalnya dan mengizinkannya memulai bisnisnya sendiri. Artinya Ari Behn tidak pernah memiliki gelar resmi di keluarga Kerajaan

Dekrit tersebut menetapkan bahwa Louise tidak lagi menjadi Yang Mulia dan harus membayar pajak penghasilan. Dia mempertahankan posisinya dalam garis suksesi, dan terkadang menjalankan tugas perwakilan atas nama raja.

Saat bepergian ke luar negeri, sang putri secara konvensional diberi gelar Yang Mulia.

5. Memiliki tiga orang anak

Pasangan itu memiliki tiga anak perempuan: Maud Angelica, Leah Isadora, dan Emma Tallulah. Tak satu pun dari mereka memiliki gelar kerajaan resmi. Keluarga itu tinggal di Islington, London, dan Lommedalen, Bærum.

Pada tanggal 5 Agustus 2016, Pengadilan Kerajaan mengumumkan bahwa Putri Louise dan Ari Behn telah memulai proses perceraian dan bermaksud untuk berbagi hak asuh atas ketiga putri mereka. Perceraian diresmikan pada tahun berikutnya.

Pada 26 Desember 2019, keluarga Ari Behn mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan bahwa ia telah bunuh diri sehari sebelumnya, di Hari Natal. Dia berusia 47 tahun. Berita ini dengan cepat menjadi berita utama di seluruh dunia.

Dia diketahui berjuang melawan alkoholisme dan depresi selama beberapa tahun. Pada hari-hari setelah kematiannya, pemberitaan media tentang kehidupannya banyak dan sangat positif.

6. Menjalin romantisme dengan dukun gadungan

Pada tahun 2019, Märtha Louise sekali lagi menjadi berita utama dengan mengumumkan bahwa dia menjalin hubungan romantis dengan dukun gadungan Durek Verrett.

Orang Amerika ini mengklaim telah mengungkap misteri spiritualitas dengan menjadikannya “dapat dicapai dan dipahami tidak hanya oleh orang awam, tetapi juga bagi mereka yang lebih maju secara spiritual”.

Verrett telah dikecam sebagai penipu di media Norwegia. Kontroversi juga menyelimuti penggunaan gelar kerajaan Louise oleh pasangan tersebut dalam konteks komersial. Sang putri kemudian meminta maaf di akun Instagram-nya dan berhenti menggunakan gelarnya dengan cara tersebut.

7. Mengklaim bisa berbicara dengan hewan

Putri Martha Louise menjadi fisioterapis bersertifikat pada tahun 1997, setelah mendapatkan gelar di Oslo dan magang di Belanda. Namun, ia tidak pernah menjalankan profesi tersebut dan memilih untuk mengabdikan dirinya pada kepentingan lain.

Pada tahun 2000, ia menjadi terapis Rosen – Terapi Rosen menjadi salah satu jenis pengobatan alternatif. Ini bukan satu-satunya upayanya untuk terjun ke dalam kepercayaan alternatif, karena ia kemudian mengklaim bahwa ia dapat berkomunikasi dengan hewan dan malaikat.

Pada tahun 2007, ia memulai pusat terapi alternatifnya sendiri bernama Astarte Education, yang diambil dari nama salah satu dewi tertua di Timur Tengah. Pusat tersebut menawarkan bantuan kepada orang-orang untuk menemukan “malaikat pelindung” mereka.

Hal ini menimbulkan kritik luas baik dari Universitas Oslo, Universitas Sains dan Teknologi Norwegia dan bahkan para pendukung pengobatan alternatif.

Dia menjawab kritik tersebut dengan menyatakan dalam sebuah wawancara TV bahwa malaikat adalah “makhluk cahaya, yang memberinya perasaan kehadiran yang kuat dan dukungan yang kuat dan penuh kasih”. Sekolah tersebut kemudian berganti nama menjadi “Soulspring” dan ditutup beberapa tahun kemudian karena masalah keuangan.


8. Fokus ke pelayanan penyandang disabilitas

Sang Putri menjalankan tugas resmi sebagai wakil keluarga Kerajaan di bidang-bidang yang berkaitan dengan penyandang disabilitas. Dia adalah ketua dari sebuah dana yang membawa namanya, dan bertujuan untuk memberi manfaat bagi anak-anak penyandang disabilitas.

Ia juga merupakan pelindung delapan organisasi, dan anggota dewan Stiftelsen Vi (Yayasan Vi) yang didirikan untuk membantu para penyandang disabilitas mencapai persamaan hak atas kehidupan yang bermakna.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)