10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Sabtu, 16 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia
Liga Hawaii merupakan salah satu organisasi rahasia di dunia. Foto/Wonder List
A A A
WASHINGTON - Dunia tidak hanya dikendalikan oleh para pemimpin negara yang membuat kebijakan. Namun, di belakang itu semua, banyak organisasi rahasia yang memiliki andil besar dalam membangun peradaban dunia.

Meskipun banyak pihak mengatakan hal itu hanya teori konspirasi. Tapi, kisah tersebut tercatat dalam sejarah dan banyak pakar yang membicarakannya.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui kontribusi beberapa perkumpulan rahasia dalam membentuk dunia seperti yang kita kenal sekarang. Umumnya, upaya mereka tidak dicatat secara adil dalam buku sejarah kita.

Perkumpulan rahasia yang tercantum di sini terkadang berhasil mendorong negara mereka maju dan terkadang mundur. Namun demikian, mereka membantu membentuk dunia.

Berikut adalah 10 organisasi rahasia yang membangun peradaban dunia.

1. Germanenorden (Jerman)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Melansir Wonder List, Germanenorden yang didirikan pada tahun 1812 adalah sebuah masyarakat yang lahir dari keterpurukan mereka terhadap orang Yahudi dan keyakinan mereka terhadap superioritas ras Arya.

Oleh karena itu tidak mengherankan bila pada tahun 1916 mereka mengadopsi lambang Swastika. Mereka merekrut anggota berdasarkan bukti keturunan Arya, antara lain dengan bukti akta kelahiran, yang dilanjutkan dengan ritual inisiasi di mana anggota harus berdandan seperti bidadari, ksatria, raja, dan lain-lain.

Kelompok ini berubah menjadi Thule Society pada tahun 1918 dan membantu mengalahkan komunalisme. Mereka selanjutnya mengganti nama mereka menjadi Partai Pekerja Jerman. Pada tahun 1920 Adolf Hitler mengambil alih masyarakat dan memastikan untuk menghilangkan ritual-ritual absurd yang tidak perlu.


2. Afrikaner Broederbond (Afrika Selatan)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Kelompok Afrikaner Broederbond, yang didirikan pada tahun 1918, mengambil satu langkah lebih maju dan sebenarnya bertujuan untuk menguasai seluruh Afrika Selatan.

Keanggotaan hanya terbuka bagi pria kulit putih berusia di atas 25 tahun yang dipandu oleh nasionalisme Afrikaner yang mereka promosikan sendiri, yang berusaha mendominasi perekonomian, budaya, dan politik Afrika Selatan.

Mereka berhasil mempengaruhi Partai Nasional Bersatu sehingga membuat perdana menteri kesal dan menyebut partai tersebut “tidak lebih dari rahasia Afrikaner Broederbond yang beroperasi di depan umum.” Dan mereka mulai mengendalikan Biro Urusan Rasial Afrika Selatan pada tahun 1947.

Kenaikan kekuasaan mereka sangat mencengangkan dan hampir setiap tokoh politik penting adalah anggota masyarakat. Hal ini memunculkan pepatah, “Pemerintah Afrika Selatan saat ini adalah Broederbond dan “Broederbond adalah pemerintahnya.” Baru setelah terpilihnya Nelson Mandela pada tahun 1994, kondisi masyarakat mulai mengalami kemunduran.

Setelah ini mereka mengganti nama mereka menjadi Afrikanerbond dan sekarang, terbuka untuk memasukkan anggota tanpa memandang warna kulit, agama, jenis kelamin, dan lain-lain dengan tujuan menjadikan Afrika Selatan negara yang lebih baik.

3. Carbonari (Italia)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Tidak ada yang tahu bagaimana atau kapan tepatnya Carbonari muncul. Namun spekulasi berkembang, hal ini bermula ketika Kongres Wina sedang memutuskan apa yang harus dilakukan terhadap wilayah yang ditaklukkan oleh Napoleon.

Pada tahun 1815, Italia terpecah menjadi beberapa bagian. Kelompok rahasia Italia ini konon memiliki 60.000 anggota dan mereka memberontak melawan Raja Ferdinand yang berkuasa di Sisilia dan Napoli. Dia segera harus menyerahkan kekuasaannya.

Hal ini diikuti oleh bangkitnya seluruh Italia dalam gerakan yang meluas yang akhirnya berakhir dengan penyatuan Italia pada tahun 1861.

4. La Trinitaria (Republik Dominika)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

La Trinitaria, atau The Trinity didirikan pada bulan Juli 1838 di Republik Dominika yang berada di bawah kekuasaan Haiti sejak tahun 1822.

Warga negara Republik menginginkan kebebasan dari cengkeraman Haiti. Di antara sentimen-sentimen itulah Juan Pablo Duarte bangkit sebagai pemimpin nasional dan mendirikan The Trinity. Dia baru berusia 25 tahun dan perkumpulan rahasianya hanya terdiri dari 8 anggota.

Masyarakat bertujuan untuk menyebarkan sentimen nasional dan mencapai kemerdekaan. Mereka menggunakan metode rahasia dalam komunikasi dan nama samaran untuk menyembunyikan keberadaan mereka.

Selain membantu kelompok pemberontak lainnya, mereka juga mencoba melakukan revolusi pada tahun 1843, namun gagal. Para anggotanya dipenjarakan sementara Duarte meninggalkan negara itu.

Namun upaya berani The Trinity telah membuat bola bergulir dan meskipun mereka masih terbengkalai, Partai Republik bangkit melakukan perlawanan hingga Republik Dominika dinyatakan bebas pada tanggal 27 Februari 1844. Sayangnya, ketika Juan Pablo Duarte kembali memimpin negara yang ia bantu ciptakan, dia digulingkan melalui kudeta militer. Duarte meninggal di pengasingan pada tahun 1864.

5. Liga Hawaii (Hawaii)

Liga Hawaii dibentuk oleh 200 orang kaya Eropa dan Amerika yang tidak puas dengan penguasa Hawaii, Raja Kalakaua. Mereka menuduh raja terlalu boros sehingga mereka menyusun rencana untuk menggulingkan monarki dengan dukungan pengusaha Amerika.

Pada tahun 1887, perkumpulan rahasia muncul dengan konstitusi yang ditulis oleh Lorrin A. Thurston, meskipun sayangnya dokumen tersebut tidak dapat bertahan seiring berjalannya waktu.

Dengan 405 anggota dan aliansi dengan Honolulu Rifles, mereka berhasil menggulingkan Ratu Liliuokalani pada tahun 1893. Selama 5 tahun, Hawaii tetap berbentuk republik hingga menjadi wilayah AS pada tahun 1898. Pada tahun 1959 Hawaii secara resmi diakui sebagai negara bagian ke-50 dari Amerika.

6. Filiki Etaireia (Yunani)

Pada tahun 1814, Nikalaos Skoufas dan Athanasios Tsakalov, bersama dengan beberapa pedagang lainnya mendirikan Filiki Etaireia (“Persaudaraan Ramah”) untuk menggulingkan kekuasaan Ottoman di negara mereka. Perkumpulan ini mengambil bagian 'rahasia' mereka dengan sangat serius dan ketika salah satu anggota mereka bernama Nikolaos Galatis mulai menabuh genderang secara terbuka tentang keberadaan perkumpulan mereka, dia dibunuh oleh Filiki Etaireia.

Masyarakat mempunyai sistem rekrutmen yang sangat rumit dengan enam tingkat keanggotaan, tingkat teratas ditempati oleh laki-laki yang berpendidikan tinggi dan kaya. Dengan bantuan seorang perwira Rusia bernama Alexander Ypsilantis, Filiki Etaireia memprakarsai Revolusi Yunani pada musim semi tahun 1821.

Sayangnya, pada awal perang, perkumpulan rahasia tersebut bubar tetapi revolusi berakhir dengan Yunani memperoleh kemerdekaannya.

7. Katipunan (Filipina)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Katipunan muncul di Filipina pada tahun 1892 dengan tujuan melawan dominasi Spanyol. Nama tunggal tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari Kataastaasan Kagalang-galang Na Katipunan Nang Manga Anak Nang Bayan yang diterjemahkan menjadi 'Perkumpulan Pemujaan Tertinggi Putra-Putra Rakyat'.

Masyarakat ini mempunyai keanggotaan khusus laki-laki yang diwarisi oleh anak laki-laki dari ayah mereka. Mereka memiliki segala macam ritual dan kode seperti yang diharapkan dari sebuah perkumpulan rahasia tetapi keunikan dari ritual mereka adalah bahwa mereka menandatangani setiap dokumen dengan darah mereka sendiri, dimulai dengan dokumen pendirian mereka pada tanggal 7 Juli 1892.

Selama bertahun-tahun ribuan anggota tetap tinggal. ibu tanpa memberikan petunjuk mengenai keberadaan mereka kepada otoritas Spanyol. Ketika rahasia mereka terbongkar, mereka membatalkan penyembunyian mereka dan melakukan pemberontakan habis-habisan yang berakhir dengan kemerdekaan Filipina pada 12 Juni 1898.

8. Persaudaraan Republik Irlandia atau Irish Republican Brotherhood (IRB)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

James Stephens bersama beberapa rekan lainnya mendirikan Persaudaraan Revolusioner Irlandia pada Hari St Patrick tahun 1858. Mereka memiliki pusat di tujuh negara berbeda – Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Australia (yang berada di bawah Kerajaan Inggris), Selandia Baru dan Amerika Selatan. Setiap pusat memiliki seorang kolonel dengan sembilan kapten, sembilan sersan, dan sembilan prajurit. Setiap rekrutan hanya mengetahui atasannya untuk menyembunyikan identitas mereka.

Pada tahun 1910, persaudaraan tersebut memiliki beberapa anggota Irlandia dan di bawah kepemimpinan Thomas Clarke bangkit dalam pemberontakan pada tahun 1916, yang sekarang dikenal sebagai Kebangkitan Paskah. Namun kebangkitan tersebut gagal. Beberapa tahun kemudian IBR memimpin perang Inggris-Irlandia yang akhirnya menyebabkan terbentuknya Negara Bebas Irlandia pada tahun 1921.

9. Tangan Hitam atau The Black Hand (Serbia)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Unifikasi Atau Kematian, adalah organisasi Serbia yang lebih dikenal dengan nama Tangan Hitam atau The Black Hand. Didirikan pada 9 Mei 1911 untuk melawan kekuasaan Ottoman.

Seluruh 2.500 anggota masyarakat bersumpah untuk mengutamakan kerahasiaan kelompok tersebut di atas nyawa mereka sendiri. Mereka beroperasi pada tingkat yang berbeda dan mengambil langkah-langkah signifikan untuk memastikan setiap anggota tidak berhubungan dengan sebagian besar anggota lainnya sehingga ketika salah satu anggota tertangkap dia tidak memiliki informasi untuk diberikan tentang anggota lainnya.

Tangan Hitam dipimpin oleh Kolonel Dragutin Dimitrijevic, juga dikenal sebagai 'Apis' yang diambil dari nama dewa banteng Mesir Kuno. Dan dialah yang merencanakan pembunuhan Archduke Franz Ferdinand hingga pecahnya Perang Dunia I.

10. Persatuan Keselamatan atau The Union Of Salvation (Rusia)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Perkumpulan ini didirikan oleh enam perwira militer dan teman-temannya yang tujuan awalnya agak kabur dan berbeda satu sama lain. Ketika Tsar Rusia meninggal, Persatuan di bawah kepemimpinan Pavel Pestel mengorganisir Pemberontakan Desembris tahun 1825 untuk mencegah keturunannya mengambil alih kekuasaan.

Pemberontakan tersebut menyebabkan sekitar tiga ribu orang Rusia berusaha untuk merebut kekuasaan Czar Nicholas I pada hari pertama kekuasaannya, namun gagal dengan konsekuensi bencana seperti penyensoran terhadap pers dan pendidikan, pembentukan jaringan mata-mata, dan lain-lain. Namun pemberontakan ini bertanggung jawab untuk menabur benih revolusi berikutnya, 100 tahun kemudian pada tahun 1917, ketika Kekaisaran Rusia jatuh.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)