10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Sabtu, 16 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
A A A
Unifikasi Atau Kematian, adalah organisasi Serbia yang lebih dikenal dengan nama Tangan Hitam atau The Black Hand. Didirikan pada 9 Mei 1911 untuk melawan kekuasaan Ottoman.

Seluruh 2.500 anggota masyarakat bersumpah untuk mengutamakan kerahasiaan kelompok tersebut di atas nyawa mereka sendiri. Mereka beroperasi pada tingkat yang berbeda dan mengambil langkah-langkah signifikan untuk memastikan setiap anggota tidak berhubungan dengan sebagian besar anggota lainnya sehingga ketika salah satu anggota tertangkap dia tidak memiliki informasi untuk diberikan tentang anggota lainnya.

Tangan Hitam dipimpin oleh Kolonel Dragutin Dimitrijevic, juga dikenal sebagai 'Apis' yang diambil dari nama dewa banteng Mesir Kuno. Dan dialah yang merencanakan pembunuhan Archduke Franz Ferdinand hingga pecahnya Perang Dunia I.

10. Persatuan Keselamatan atau The Union Of Salvation (Rusia)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Perkumpulan ini didirikan oleh enam perwira militer dan teman-temannya yang tujuan awalnya agak kabur dan berbeda satu sama lain. Ketika Tsar Rusia meninggal, Persatuan di bawah kepemimpinan Pavel Pestel mengorganisir Pemberontakan Desembris tahun 1825 untuk mencegah keturunannya mengambil alih kekuasaan.

Pemberontakan tersebut menyebabkan sekitar tiga ribu orang Rusia berusaha untuk merebut kekuasaan Czar Nicholas I pada hari pertama kekuasaannya, namun gagal dengan konsekuensi bencana seperti penyensoran terhadap pers dan pendidikan, pembentukan jaringan mata-mata, dan lain-lain. Namun pemberontakan ini bertanggung jawab untuk menabur benih revolusi berikutnya, 100 tahun kemudian pada tahun 1917, ketika Kekaisaran Rusia jatuh.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)