10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Sabtu, 16 September 2023 - 18:25 WIB
loading...
10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia
Liga Hawaii merupakan salah satu organisasi rahasia di dunia. Foto/Wonder List
A A A
WASHINGTON - Dunia tidak hanya dikendalikan oleh para pemimpin negara yang membuat kebijakan. Namun, di belakang itu semua, banyak organisasi rahasia yang memiliki andil besar dalam membangun peradaban dunia.

Meskipun banyak pihak mengatakan hal itu hanya teori konspirasi. Tapi, kisah tersebut tercatat dalam sejarah dan banyak pakar yang membicarakannya.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui kontribusi beberapa perkumpulan rahasia dalam membentuk dunia seperti yang kita kenal sekarang. Umumnya, upaya mereka tidak dicatat secara adil dalam buku sejarah kita.

Perkumpulan rahasia yang tercantum di sini terkadang berhasil mendorong negara mereka maju dan terkadang mundur. Namun demikian, mereka membantu membentuk dunia.

Berikut adalah 10 organisasi rahasia yang membangun peradaban dunia.

1. Germanenorden (Jerman)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Melansir Wonder List, Germanenorden yang didirikan pada tahun 1812 adalah sebuah masyarakat yang lahir dari keterpurukan mereka terhadap orang Yahudi dan keyakinan mereka terhadap superioritas ras Arya.

Oleh karena itu tidak mengherankan bila pada tahun 1916 mereka mengadopsi lambang Swastika. Mereka merekrut anggota berdasarkan bukti keturunan Arya, antara lain dengan bukti akta kelahiran, yang dilanjutkan dengan ritual inisiasi di mana anggota harus berdandan seperti bidadari, ksatria, raja, dan lain-lain.

Kelompok ini berubah menjadi Thule Society pada tahun 1918 dan membantu mengalahkan komunalisme. Mereka selanjutnya mengganti nama mereka menjadi Partai Pekerja Jerman. Pada tahun 1920 Adolf Hitler mengambil alih masyarakat dan memastikan untuk menghilangkan ritual-ritual absurd yang tidak perlu.


2. Afrikaner Broederbond (Afrika Selatan)

10 Organisasi Rahasia yang Membangun Peradaban Dunia

Foto/Wonder List

Kelompok Afrikaner Broederbond, yang didirikan pada tahun 1918, mengambil satu langkah lebih maju dan sebenarnya bertujuan untuk menguasai seluruh Afrika Selatan.

Keanggotaan hanya terbuka bagi pria kulit putih berusia di atas 25 tahun yang dipandu oleh nasionalisme Afrikaner yang mereka promosikan sendiri, yang berusaha mendominasi perekonomian, budaya, dan politik Afrika Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)