Menlu AS Blinken: Arab Saudi Tegaskan Palestina Bagian dari Perjanjian Apapun dengan Israel

Sabtu, 16 September 2023 - 00:58 WIB
loading...
Menlu AS Blinken: Arab Saudi Tegaskan Palestina Bagian dari Perjanjian Apapun dengan Israel
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (kanan) bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Jeddah, Arab Saudi, 7 Juni 2023. Foto/Amer Hilabi/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken mengungkapkan Arab Saudi telah menjelaskan kepada Amerika Serikat bahwa masalah yang berkaitan dengan Palestina akan menjadi bagian penting dari setiap perjanjian di masa depan dengan Israel.

“Jelas juga dari apa yang kami dengar dari Saudi bahwa jika proses ini ingin dilanjutkan, maka kepentingan Palestina juga akan menjadi sangat penting,” ujar Blinken pada Kamis (14/9/2023).

Dia menambahkan, “Normalisasi tidak dapat mengorbankan perjuangan Palestina.”

Dia menjelaskan, hal ini juga merupakan posisi pemerintah AS dan negara-negara Arab lainnya yang akan berpartisipasi.

“Dalam penilaian kami, hal itu perlu melibatkan solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina,” ujar Blinken kepada Pod Save the World.



Pejabat AS menekankan jika Amerika berhasil mencapai perjanjian normalisasi antara Israel dan Arab Saudi, maka hal itu akan menggerakkan dunia ke arah tersebut.

Dia menambahkan, tujuan dari upaya ini adalah memajukan dunia yang lebih damai, sejahtera dan penuh peluang.

“Jika Anda memiliki negara Muslim terkemuka di dunia… berdamai dengan Israel, hal itu akan memberikan manfaat yang jauh melampaui kawasan ini,” ujar Blinken.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)