Lavrov: Rencana Perdamaian Zelensky Bertujuan Kalahkan Rusia Secara Strategis

Sabtu, 16 September 2023 - 00:01 WIB
loading...
Lavrov: Rencana Perdamaian Zelensky Bertujuan Kalahkan Rusia Secara Strategis
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengkritik rencana perdamaian yang diusulkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Lavrov menyatakan ini adalah upaya strategis mengalahkan Rusia dan membujuk negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin agar sejalan dengan gagasan ini.

“Kita selalu diberitahu negara-negara Barat bahwa satu-satunya dasar untuk negosiasi adalah formula Zelensky… Ini dimulai dengan… ketahanan pangan, ketahanan energi, keamanan fisik fasilitas nuklir, isu-isu kemanusiaan,” ujar dia pada Jumat (15/9/2023).

Lavrov menjelaskan, “Dan kemudian formula ini bergerak ke tujuan itu dibuat, kekalahan strategis Rusia untuk memulihkan perbatasan Ukraina pada tahun 1991, untuk menempatkan kepemimpinan Rusia di bawah pengadilan, untuk membuat Rusia membayar ganti rugi.”

Dia menjelaskan hal itu pada pertemuan meja bundar mengenai permukiman Ukraina di Moskow.

Menurut diplomat terkemuka Rusia tersebut, negara-negara Barat telah berusaha mendapatkan dukungan dari “negara-negara mayoritas global,” termasuk negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, untuk mendukung skema ini.

Mereka menggambarkan pendekatan ini tidak lain sebagai penipuan yang terang-terangan.

Zelensky mengatakan pada musim gugur tahun 2022 bahwa Kiev memiliki rencana perdamaiannya sendiri untuk mengakhiri konflik yang sedang berlangsung dan pada saat yang sama menandatangani undang-undang yang melarang pembicaraan damai dengan Rusia.

Moskow berulang kali menekankan mereka terbuka untuk negosiasi yang menghormati kepentingan rakyat Rusia dan mengakui “realitas teritorial baru”.

Pejabat Kremlin juga mengatakan Kiev tampaknya tidak tertarik untuk merundingkan solusi atas krisis saat ini.

Lavrov menambahkan “plot nyata” muncul seputar isu perundingan perdamaian Rusia-Ukraina, yang berupaya “menjungkirbalikkan segalanya”.

“Satu plot nyata muncul seputar apa yang disebut negosiasi, upaya membalikkan segalanya melalui diplomasi semu. Seperti yang dilakukan pada awal peristiwa di Ukraina, yang selama bertahun-tahun telah diprioritaskan oleh rekan-rekan Barat kami, terutama Amerika Serikat dan Inggris,” papar Lavrov.

Dia menekankan, “Mereka menginvestasikan miliaran dolar pada oposisi Ukraina dan membawanya ke kekuasaan melalui kudeta berdarah yang tidak konstitusional.”

Pertemuan meja bundar mengenai permukiman Ukraina di Moskow itu mencakup misi diplomatik dari lebih dari 30 negara.

Menlu Rusia juga mengatakan banyak proposal untuk inisiatif kemanusiaan dan mediasi telah dibuat baru-baru ini.

Aspek Ekonomi Krisis Ukraina


Menurut Lavrov, Amerika Serikat telah "membersihkan" pasar Eropa dari senjata-senjata blok tersebut dengan memberikan dana dalam jumlah besar kepada Ukraina dan memungkinkan Kiev membeli peralatan militer Eropa guna memasok senjata produksi AS ke negara-negara Uni Eropa dan NATO.

“Lihatlah jumlah dana yang dialokasikan untuk membantu Ukraina, lihat bagaimana senjata-senjata bekas Soviet, Rusia, dan sekarang Barat dipompa keluar dari Eropa. Pasar sedang dibebaskan untuk memasok produk-produk militer AS untuk mempersenjatai kembali negara-negara UE dan NATO melalui pendanaan skala besar dan pembelian senjata AS yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan Amerika,” papar Lavrov.

Dalam beberapa bulan terakhir, negara-negara NATO dan sekutunya telah mengadakan beberapa pertemuan dalam Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina yang dipimpin AS di pangkalan udara Ramstein di Jerman untuk menyediakan senjata dan peralatan militer ke Ukraina. Pertemuan berikutnya dijadwalkan pada 18 September.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)