Senapan Jadi Hadiah Utama antara Vladimir Putin dan Kim Jong Un saat Bertemu

Jum'at, 15 September 2023 - 09:31 WIB
loading...
A A A
Kantor beirta TASS melaporkan [ada Jumat (15/9/2023), Kim tiba di kota Komsomolsk-on-Amur di Timur Jauh Rusia untuk mengunjungi fasilitas tempat pembuatan jet tempur Rusia. TASS melaporkan bahwa Kim bertemu dengan gubernur regional dan pejabat lainnya di karpet merah di stasiun kereta api kota. Dia kemudian dibawa ke Pabrik Pesawat Komsomolsk-on-Amur, yang memproduksi pesawat tempur paling modern Rusia, termasuk Su-35 dan Su-57.

Kantor berita Rusia RIA Novosti menerbitkan sebuah video yang menunjukkan kereta lapis baja Kim berhenti di stasiun Komsomolsk-on-Amur ketika para pejabat Korea Utara menunggu di peron khusus. Tak lama kemudian, konvoinya keluar dari stasiun untuk mengunjungi pabrik pesawat.

Putin mengatakan kepada TV pemerintah Rusia sebelumnya bahwa Kim juga akan melakukan perjalanan ke Vladivostok untuk melihat armada Pasifik Rusia, sebuah universitas, dan fasilitas lainnya.

Di Korea Utara, media pemerintah memuji pertemuan puncak Kim dengan Putin sebagai pertemuan “bersejarah”.

Media Korea Selatan melaporkan bahwa para pejabat di Seoul sedang memantau apakah Korea Utara dan Rusia akan mengumumkan latihan militer bersama setelah pertemuan kedua pemimpin tersebut.

Ada kekhawatiran yang semakin besar mengenai peningkatan kerja sama militer antara Moskow dan Pyongyang karena delegasi Putin dan Kim mencakup tokoh-tokoh militer senior.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Jeon Hak-kyou mengatakan “ada banyak prediksi seperti itu” mengenai hubungan militer yang lebih erat antara Putin dan Kim. “Sambil mengingat kemungkinan tersebut, [kami] akan terus memantaunya dengan cermat,” kata juru bicara tersebut, dilansir Kantor Berita Korea Selatan Yonhap.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)