Saudi Disebut Akan Serang Pelabuhan di Yaman, PBB Was-was

Senin, 01 Mei 2017 - 17:15 WIB
Saudi Disebut Akan Serang Pelabuhan di Yaman, PBB Was-was
Saudi Disebut Akan Serang Pelabuhan di Yaman, PBB Was-was
A A A
JENEWA - Dewan HAM PBB mengaku khawatir mengenai kabar akan adanya serangan yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap pelabuhan Hodeidah di Yaman. Pelabuhan Hodeidah adalah salah satu pelabuhan kunci di Yaman.
"PBB terus menerima sinyal koalisi yang dipimpin Saudi di Yaman dapat menyerang pelabuhan kunci Hodeidah, yang dapat menyebabkan penderitaan dan hilangnya nyawa manusia," kata Kepala Dewan HAM PBB, Zeid Ra'ad al-Hussein.
Hussein menyatakan satu hal yang dikhawatirkan pihaknya adalah mengenai situasi kemanusiaan paska serangan tersebut. Dia menyebut akan adanya krisis kemanusiaan di wilayah Hodeidah jika Saudi melakukan serangan itu.
"PBB prihatin dengan dampak kemanusiaan dari serangan semacam itu dalam hal mengobarkan krisis kemanusiaan lebih jauh lagi, terlebih kekhawatiran kita akan hilangnya warga sipil yang tinggal di sana jika terjadi serangan skala besar di pelabuhan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (1/5).
Hodeidah dijadikan sasaran tembak karena pelabuhan ini diduga kuat sebagai pintu masuk bagi senjata Iran ke Yaman. Senjata-senjata Iran ini nantinya akan diserahkan kepada kelompok pemberontak Houthi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)