Bos Al-Qaeda Serukan Perang Gerilya di Suriah

Selasa, 25 April 2017 - 19:37 WIB
Bos Al-Qaeda Serukan Perang Gerilya di Suriah
Bos Al-Qaeda Serukan Perang Gerilya di Suriah
A A A
DAMASKUS - Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri menyerukan anggota al-Qaeda dan pasukan oposisi serta milisi Suriah untuk melakukan perang gerilya di negara tersebut. Target perang tersebut adalah pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan seluruh sekutu Assad.
Seruan itu disampaikan Zawahiri dalam sebuah rekaman audio yang muncul di dunia maya. Dalam rekaman audio berjudul "Suriah hanya akan tunduk kepada Tuhan", Zawahiri menyerukan anggota al-Qaeda, pasukan oposisi serta milisi Suriah untuk bersiap melakoni pertempuran panjang.
"Kalian harus memiliki kesabaran dan mempersiapkan diri untuk perang panjang melawan Tentara Salib dan sekutu Syiah mereka," kata Zawahiri dalam rekaman yang muncul sejak hari akhir pekan tersebut.
Zawahiri, seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (25/4), menuturkan strategi paling tepat untuk berperang di Suriah adalah dengan menggunakan perang gerilya. "Ini akan melemahkan dan menguras energi musuh," ungkapnya.
Analis politik, Marwan Bishara, mengatakan, pernyataan Zawahiri dimaksudkan untuk menarik kembali perhatian dunia terhadap al-Qaeda. Menurutnya, sejak ISIS muncul, nama al-Qaeda perlahan-lahan memudar.
"Tentu dengan ISIS menjadi bintang, jika Anda mau, di Suriah, Irak dan tempat lain, al-Qaeda berusaha untuk menjadi relevan pada saat tidak lagi relevan," katanya.
"Al-Qaeda sendiri telah berubah dalam dekade terakhir. Dahulu kala mereka adalah kelompok hierarkis dimana Zawahiri dan Osama bin Laden biasa memberi perintah yang harus dilakukan. Berbagai organisasi bergabung dengan kelompok itu karena tahu ada semacam hirarki," sambung Bishara.
Dia menambahkan, al-Qaeda telah tersegmentasi selama dekade terakhir, dimana cabang-cabang al-Qaeda dari Yaman ke Irak bertindak secara independen. "Suriah bisa menjadi titik balik dari hal ini," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3337 seconds (0.1#10.140)