5 Tokoh Luar Negeri yang Dijadikan Nama Jalan Indonesia

Senin, 11 September 2023 - 16:30 WIB
loading...
5 Tokoh Luar Negeri yang Dijadikan Nama Jalan Indonesia
Jalan Layang Tol Syekh Mohammed Bin Zayed. Foto/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Tak jarang tokoh luar negeri dijadikan nama jalan di Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan sejarahnya.

Salah satu cara yang menarik untuk memahami sejarah dan hubungan diplomatik Indonesia dengan negara lain adalah melalui penggunaan nama jalan.

Di berbagai kota dan daerah di Indonesia, kita dapat menemukan nama-nama jalan yang diambil dari tokoh-tokoh terkenal dari luar negeri.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tokoh luar negeri yang dijadikan nama jalan di Indonesia:

Tokoh Luar Negeri yang Dijadikan Nama Jalan Indonesia

1. Louis Pasteur


Nama Pasteur sangat awam di telinga masyarakat Indonesia, khususnya warga Bandung, Jawa Barat. Pasalnya Pasteur merupakan salah satu nama jalan yang cukup terkenal di kota kembang itu.

Sejarah mencatat, asal usul nama jalan ini berasal dari nama seorang kimiawan dan ahli biologi asal Prancis, bernama Louis Pasteur.

Semasa hidup, Louis Pasteur merupakan ahli terkenal karena teknik pasteurisasinya. Sebuah proses pengawetan minuman dengan cara mematikan bakteri

Penamaan jalan ini dipengaruhi oleh adanya perusahaan Bio Farma di sepanjang jalan tersebut. Salah satu fokus utama Bio Farma adalah produksi vaksin, yang konsep dasarnya berasal dari penemuan yang diatribusikan kepada Louis Pasteur.

2. Patrice Lumumba


Selanjutnya adalah Jalan Patrice Lumumba yang merupakan bentuk penghormatan terhadap salah satu tokoh asal Kongo. Berlokasi di Kemayoran, Jakarta Barat, nama jalan ini diresmikan oleh Presiden Soekarno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)