Wapres Irak Sebut ISIS Coba Berkoalisi dengan Al-Qaeda

Selasa, 18 April 2017 - 15:56 WIB
Wapres Irak Sebut ISIS Coba Berkoalisi dengan Al-Qaeda
Wapres Irak Sebut ISIS Coba Berkoalisi dengan Al-Qaeda
A A A
BAGHDAD - Wakil Presiden Irak Ayad Allawi menyatakan, ISIS sedang berusaha untuk mengajak al-Qaeda berkoalisi dengan mereka. Langkah ini diambil ISIS setelah mereka semakin tertekan oleh pasukan gabungan Irak di Mosul.
Allawi menyatakan, pihaknya mendapat informasi ini dari kontak-kontak yang dimiliki oleh pemerintah Irak, baik yang berada di dalam ataupun yang berada di luar negeri.
“Diskusi telah dimulai sekarang. Ada diskusi dan dialog antara utusan yang mewakili Abu Bakar al-Baghdadi dan mewakili Ayman al Zawahiri,” kata Allawi, kepada kedua pemimpin organisasi itu.
"Sejauh ini kami belum mengetahui bentuk kerjasama yang akan dianut oleh kedua organisasi tersebut," sambung Allawi, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (18/4).
ISIS sendiri memtuskan berpisah dari al-Qaeda pada 2014. Sejak saat itu, kedua kelompok tersebut bersaing untuk merekrut, mencari dana, dan menjadi simbol terorisme global.
Pemimpin al-Qaeda, Zawahiri secara terbuka mengkritik ISIS untuk metode brutal yang mereka lakukan. Zawahiri mengaku tidak setuju dengan bentuk eksekusi yang dilakukan ISIS, yakni dengan cara memenggal, menenggelamkan, atau membakar sandera mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)