Negara Tetangga Indonesia Ini Terima Jet Tempur Su-30 Rusia

Minggu, 10 September 2023 - 13:20 WIB
loading...
Negara Tetangga Indonesia Ini Terima Jet Tempur Su-30 Rusia
Myanmar telah menerima 2 jet tempur Su-30 SME dari Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Myanmar telah menerima pengiriman pertama dua jet tempur Su-30 Rusia . Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Myanmar, Charlie Than, kepada kantor berita negara Rusia ,RIA, dalam sambutannya yang dipublikasikan pada Minggu (10/9/2023).

“Dua pesawat telah dikirimkan,” kata Than kepada RIA di sela-sela Forum Ekonomi Timur, forum tahunan Rusia yang bertujuan untuk mengembangkan kerja sama ekonomi di kawasan dan mendorong investasi asing, yang dimulai pada hari Minggu di pelabuhan Vladivostok seperti dikutip dari US News.

RIA melaporkan Rusia dan Myanmar menandatangani kontrak pada September 2022 untuk pengiriman enam jet tempur Su-30SME.

Menurut Rosoboronexport, eksportir senjata yang dikendalikan negara Rusia, jet tempur multi-role Sukhoi Su-30SME dirancang untuk menyerang target udara musuh, pengintaian udara, pekerjaan tempur dan pelatihan pilot.



Secara terpisah, Than mengatakan kepada kantor berita Rusia TASS bahwa sejumlah perjanjian bilateral akan ditandatangani di Forum Ekonomi Timur, termasuk mengenai pengembangan pariwisata antara kedua negara.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters terkait laporan ini.

Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan bahwa dukungan Rusia terhadap penguasa militer Myanmar tidak dapat diterima dan menimbulkan destabilisasi, karena pasokan senjata mereka turut memicu konflik yang telah menjadi bencana bagi negara tersebut.

Menteri Pertahanan dan diplomat tinggi Rusia telah mengunjungi Myanmar, sementara Ketua Junta Min Aung Hlaing telah berkunjung ke Rusia beberapa kali sejak tahun 2021 dan dianugerahi gelar doktor kehormatan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)