Wow, Korea Utara Ubah Truk Sampah Jadi Peluncur Roket

Minggu, 10 September 2023 - 08:07 WIB
loading...
Wow, Korea Utara Ubah Truk Sampah Jadi Peluncur Roket
Korea Utara (Korut) memperlihatkan truk sampah yang diubah menjadi peluncur roket dalam parade militer di Pyongyang. Foto/Insider
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menggelar parade militer untuk merayakan berdirinya negara itu pada Sabtu pagi di Ibu Kota Pyongyang. Menurut The Associated Press delegasi dari China dan Rusia tampat hadir dalam parade tersebut.

Acara tersebut menandai 75 tahun negara tersebut didirikan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Kim Il-sung, kakek dari pemimpin Korea Utara saat ini Kim Jong-un.

Parade tersebut menekankan komponen "milisi" dalam militer Korea Utara dalam upaya untuk menunjukkan kemampuan negara tersebut dalam memukul mundur invasi asing.

Parade tersebut diadakan sehari setelah Korea Utara memamerkan apa yang diklaimnya sebagai kapal selam nuklir taktis pertamanya, yang – jika benar – akan meningkatkan kemampuan negara tersebut untuk mengancam perang nuklir melawan musuh jauh. Setidaknya, kata para ahli, hal ini menunjukkan komitmen Kim Jong-un untuk memperluas jangkauan program nuklir Korea Utara.



Senjata yang diarak pada hari Sabtu lebih sederhana. Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah Korea Utara menunjukkan barisan traktor yang menarik sesuatu yang tampak seperti peluncur roket.

Parade tersebut juga menampilkan truk sampah berwarna merah yang dimodifikasi untuk menyembunyikan peluncur rudal. Menurut Reuters itu sebuah upaya untuk menandakan peran milisi sebagai pejuang gerilya dalam perang, seperti dikutip dari Insider, Minggu (10/9/2023).

Tidak ada senjata berkemampuan nuklir atau rudal balistik antarbenua yang dipamerkan, berbeda dengan parade pada bulan Juli yang menandai “kemenangan” Korea Utara dalam perang tahun 1950-1953 yang memperkuat pembagian semenanjung tersebut menjadi dua negara.

Korea Utara juga memamerkan kekuatan paramiliternya pada hari jadinya di tahun 2021. Pengawal Merah Buruh-Petani di negara tersebut diyakini memiliki lebih dari 5 juta anggota, The Korea Herald melaporkan, mengutip perkiraan pemerintah Korea Selatan. Bandingkan dengan sekitar 1,3 juta orang di tentara Korea Utara.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)