Lupakan Permusuhan, Aljazair Izinkan Penerbangan ke Maroko untuk Bantu Korban Gempa

Minggu, 10 September 2023 - 08:01 WIB
loading...
Lupakan Permusuhan, Aljazair Izinkan Penerbangan ke Maroko untuk Bantu Korban Gempa
Tim penyelamat melakukan operasi pencarian korban di Amizmiz setelah gempa bumi dahsyat mengguncang Maroko, 9 September 2023. Foto/REUTERS/Abdelhak Balhaki
A A A
ALJIR - Gempa bumi mematikan di Maroko mendorong Aljazair , yang memutuskan hubungan dengan tetangganya dua tahun lalu, mengesampingkan hubungan buruk kedua negara dan membuka wilayah udaranya untuk membantu penerbangan bagi korban gempa.

Perbatasan antara Aljazair dan Maroko, negara paling kuat di kawasan ini, telah ditutup sejak tahun 1994 dan Aljazair menutup wilayah udaranya ke Maroko. Aljazair juga menangguhkan hubungan diplomatik pada tahun 2021, dengan menuduh Rabat melakukan "tindakan bermusuhan".

Aljazair menuduh Maroko menggunakan spyware untuk melawannya, mendukung kelompok separatis dan gagal dalam komitmen bilateral termasuk mengenai wilayah Sahara Barat yang disengketakan, tuduhan yang ditolak Maroko dan dianggap "tidak masuk akal".



Aljazair lebih lambat dalam menyampaikan belasungkawa dibandingkan banyak negara lain di Afrika Utara dan Eropa pada hari Sabtu, namun Kementerian Luar Negeri negara itu mengatakan pihaknya "menyusul dengan kesedihan dan kesedihan yang besar" setelah terjadinya gempa bumi.

Kepresidenan Aljazair kemudian mengatakan akan membuka wilayah udaranya untuk penerbangan kemanusiaan atau medis.

Kementerian mengatakan pihaknya siap menanggapi setiap permintaan bantuan Maroko. Selama kebakaran hutan yang mematikan di Aljazair selama tiga musim panas terakhir, Maroko telah memberikan tawaran bantuan yang secara terbuka diabaikan oleh Aljazair.

Terlepas dari hubungan antar pemerintah yang goyah, kedua negara, yang berbagi perbatasan panjang yang membentang dari Mediterania hingga Sahara, memiliki ikatan sejarah dan budaya yang mendalam, sehingga banyak warga Aljazair dan Maroko menikmati hubungan pribadi yang lebih baik.



Banyak warga Aljazair yang menyuarakan solidaritasnya terhadap Maroko melalui media sosial, beberapa diantaranya mengatakan mereka berharap hubungan politik yang buruk tidak akan menghalangi mereka untuk membantu negara tetangga mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)