alexa snippet

Pensiun Jadi Presiden, Pekerjaan Ini Bisa Dilakoni Obama

Pensiun Jadi Presiden, Pekerjaan Ini Bisa Dilakoni Obama
Sejumlah pekerjaan bisa dilakoni oleh Barack Obama usai pensiun menjadi presiden AS. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Barack Obama telah resmi pensiun sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Saat menjadi presiden, Obama terbiasa mendapatkan fasilitas dan gaji yang cukup tinggi. Obama adalah presiden dengan gaji terbesar di dunia yaitu mencapai USD400 atau sekitar Rp 5,31 miliar per tahun. Lantas, apa yang harus dilakukan Obama agar pundi-pundi dolar tetap mengalir ke koceknya?

Pensiun di usia 55 tahun, Obama adalah salah satu mantan presiden AS termuda. Banyak peluang karir di depannya yang bisa menghasilkan pundi-pundi dolar jika ia memilih dengan tepat. Berikut adalah beberapa sumber-sumber dolar yang mungkin ia dapatkan di masa pensiunnya seperti dikutip dari Time, Minggu (16/4/2017).

Pensiun

Semua mantan presiden AS mendapatkan pensiun, yaitu USD205.700 per tahun atau sekitar Rp2,73 miliar. Jumlah ini akan meningkat secara teratur sesuai dengan laju inflasi. Ia, bersama dengan mantan presiden Carter, Bush, dan Clinton juga menerima uang federal untuk menutupi biaya seperti ruang kantor dan staf. Pada 2015 misalnya, George W. Bush dialokasikan USD1,1 juta atau Rp14,6 miliar, sedangkan Jimmy Carter total menerima USD430 ribu atau Rp5,7 miliar, jumlah uang federal tertinggi dan terendah dari semua mantan presiden yang masih hidup.

Penulis Buku

Dalam konferensi pers terakhirnya sebagai presiden, Obama mengungkapkan satu rencana untuk 2017: "Saya ingin menulis," katanya.

Jika tulisan itu adalah sebuah memoar, Obama bisa membuatnya menjadi beberapa bundel. Menurut penerbit dan agen sastra yang berkonsultasi dengan New York Times, kontrak buku akan bernilai antara USD12 dan USD30 juta untuk Obama. (Semenyara memoar Michele Obama bisa bernilai USD10 sampai USD15 juta.)

Itu hanya kontrak asli. Jika buku tersebut laku keras seperti yang dua buku Obama sebelumnya, ia bisa mendapatkan jutaan lebih dalam royalti untuk tahun-tahun mendatang. Pada tahun 2009 saja, Obama dilaporkan mendapatkan pemasukan sebesar USA5,1 juta dari penjualan dua bukunya yaitu The Audacity of Hope dan Dreams from My Father. Obama masih menerima royalti dari buku-bukunya, meskipun jumlah penjualannya menurun dari waktu ke waktu-hanya yaitu USD56.000 selama tahun pajak 2015.

Sebagai Pembicara

Obama dikenal sebagai salah seorang yang hebat dalam berpidato, dan ia akan mendapat banyak permintaan sebagai pembicara tamu. Sulit untuk memastikan seberapa besar ia akan mendapatkan bayaran karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karena ia mungkin tidak tertarik untuk dibayar, terutama dalam konferensi bisnis, retret perusahaan, dan sejenisnya, yang cenderung menjadi yang paling menguntungkan.

Untuk diketahui, pasangan Bill dan Hillary Clinton dibayar USD200 ribu dan terus naik selama menjadi pembicara bertahun-tahun, dengan Bill menerima lebih dari USD500 ribu untuk beberapa keterlibatan sebagai pembicara tamu. CNN memperkirakan bahwa Clinton memperoleh lebih dari USD153 juta sebagai pembicara dari tahun 2001 sampai tahun 2015.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top