Zelensky: Vladimir Putin Membunuh Bos Wagner Prigozhin

Jum'at, 08 September 2023 - 23:05 WIB
loading...
Zelensky: Vladimir Putin Membunuh Bos Wagner Prigozhin
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tuduh Presiden Rusia Vladimir Putin berada di balik kematian bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat (8/9/2023) mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin berada di balik kematian bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin.

Prigozhin tewas bersama sembilan orang lainnya dalam kecelakaan pesawat pribadi di Tver, Rusia, pada 23 Agustus lalu. Beberapa komandan utama Wagner termasuk di antara korban tewas dalam kecelakaan tersebut.

Zelensky, yang tidak memberikan bukti untuk mendukung pernyataannya, melontarkan komentar tersebut secara sepintas dalam sebuah konferensi di Kyiv. Dia ditanya tentang presiden Rusia terkait dengan kematian Prigozhin.



“Fakta bahwa dia [Putin] membunuh Prigozhin—setidaknya itulah informasi yang kami semua miliki, bukan informasi lain—yang juga menunjukkan rasionalitasnya, dan fakta bahwa dia lemah,” kata Zelensky, seperti dikutip Reuters.

Kremlin sejak awal menyangkal spekulasi yang menyebutkan Putin berada di balik kecelakaan pesawat pribadi Prigozhin. Penyangkalan ini disampaikan ketika banyak pihak memandang kecelakaan itu sebagai pembunuhan balas dendam atas pemberontakan yang gagal dilakukan Wagner pada Juni lalu.

“Sekarang, tentu saja, banyak spekulasi seputar bencana ini dan kematian tragis para penumpang pesawat, termasuk Yevgeny Prigozhin. Tentu saja, di Barat, semua spekulasi ini disajikan dari sudut pandang tertentu. Semua ini adalah kebohongan mutlak,” ujar juru bicara Kremlin Dmitry Peskov saat itu.

Belakangan Kremlin mengatakan bahwa penyelidik sedang mempertimbangkan kemungkinan bahwa pesawat pribadi Prigozhin dijatuhkan dengan sengaja.

“Jelas bahwa berbagai versi sedang dipertimbangkan, termasuk versi tersebut—Anda tahu apa yang kita bicarakan—katakanlah, sebuah kekejaman yang disengaja,” kata Peskov pada 30 Agustus lalu.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)