Inggris Peringati Satu Tahun Mangkatnya Ratu Elizabeth II

Jum'at, 08 September 2023 - 20:25 WIB
loading...
Inggris Peringati Satu Tahun Mangkatnya Ratu Elizabeth II
Inggris memperingati satu tahun mangkatnya Ratu Elizabeth II. Foto/Sky News
A A A
LONDON - Tembakan seremonial terdengar di seluruh Inggris pada Jumat (8/9/2023) untuk menandai aksesi Raja Charles III , saat ia memberikan penghormatan kepada ibunya, mediang Ratu Elizabeth II , pada peringatan satu tahun kematiannya.

Artileri Kuda Kerajaan Pasukan Raja menembakkan 41 senjata salam Aksesi di Hyde Park London, diikuti dengan penghormatan 62 senjata dari Menara London.

Senjata juga ditembakkan dari Kastil Edinburgh di Ibu Kota Skotlandia, Kastil Cardiff di Wales, dan Kastil Hillsborough di Irlandia Utara.

Peringatan mangkatnya Ratu Elizabeth II berlangsung sederhana pada hari Jumat, karena raja – yang sedang berada di kawasan Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia – tidak diperkirakan akan menghadiri acara resmi apa pun.

Dalam pernyataan singkatnya, kepala negara Inggris berusia 74 tahun itu mengenang “kasih sayang yang besar” terhadap ibunya, kehidupannya, dan pelayanan publiknya.

“Saya juga sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan yang telah ditunjukkan kepada saya dan istri saya selama tahun ini karena kami melakukan yang terbaik untuk melayani Anda semua,” tambahnya seperti dilansir dari News.com.au.

Raja Charles III dan istrinya, Camilla, menghadiri Crathie Kirk, tempat ibadah mendiang raja di dekat Balmoral, untuk berdoa pribadi dan momen refleksi.

Raja Charles, yang mengenakan rok tartan merah, berbicara dengan para simpatisan di luar gereja setelah acara tersebut.

“Saya melihat prosesi pemakaman berlalu tahun lalu, ini adalah hari yang menyedihkan bagi semua orang,” kata Ross Nichol, seorang siswa berusia 22 tahun dari dekat Ballater, kepada AFP.

“Dia melakukan banyak hal baik dan mempunyai reputasi di dunia,” tambah turis Jerman Nicole Hoppe.



"Kami merasa sedikit sedih dan sentimental untuknya," imbuhnya.

Ratu Elizabeth II, yang memecahkan rekor menduduki takhta selama 70 tahun, meninggal pada 8 September 2022 di Balmoral pada usia 96 tahun setelah kesehatannya menurun selama beberapa waktu.

Bunga ditinggalkan di gerbang Balmoral, sementara massa berkumpul di Istana Buckingham dan bunga penghormatan juga ditinggalkan.

Sepanjang masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II tidak secara terbuka menandai kenaikan tahtanya, karena hari itu juga merupakan peringatan kematian ayahnya sendiri, Raja George VI, pada tahun 1952.

Di tempat lain, putra tertua dan pewaris raja, Pangeran William, dan istrinya, Catherine, merayakan peringatann tersebut dalam sebuah kebaktian pribadi kecil di Katedral St David di Wales barat.

Pasangan itu memposting pesan di platform media sosial X, mengatakan: "Hari ini kami mengenang kehidupan luar biasa dan warisan mendiang Yang Mulia Ratu Elizabeth. Kami semua merindukanmu. W&C".

Adik laki-laki William yang terasing, Pangeran Harry, berada di Inggris untuk acara amal dan terlihat pada hari Jumat mengunjungi tempat peristirahatan terakhir neneknya di Kastil Windsor.

“Seperti yang Anda tahu, saya tidak bisa menghadiri penghargaan tahun lalu karena nenek saya meninggal dunia,” kata Harry pada acara amal pada Kamis malam.

“Dia akan menjadi orang pertama yang bersikeras bahwa aku tetap datang untuk bersama kalian semua alih-alih menemuinya, dan itulah tepatnya mengapa aku tahu tepat satu tahun kemudian dia memandang kita semua malam ini, senang kita bersama," sambungnya.

Kematian Ratu Elizabeth II merupakan peristiwa seismik dalam kehidupan Inggris. Bagi sebagian besar warga Inggris yang masih hidup, ratu adalah satu-satunya raja dan kepala negara yang pernah mereka kenal.



Selama 10 hari masa berkabung resmi, puluhan ribu orang mengantri hingga 25 jam untuk melewati peti matinya yang diselimuti bendera saat disemayamkan di Westminster Hall di Gedung Parlemen.

Bahkan lebih banyak lagi jalan-jalan di London dan rute barat menuju Kastil Windsor untuk pemakaman kenegaraan, yang disiarkan ke seluruh dunia kepada jutaan penonton televisi.

Sang ratu dimakamkan di Kapel Peringatan Raja George VI, Windsor, bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal pada tahun 2021, ayah dan ibunya, serta abu adik perempuannya, Putri Margaret.

Awal pekan ini, pemerintah Inggris mengumumkan bahwa peringatan nasional mendiang raja akan diresmikan "pada waktunya".

Di London pada hari Kamis, ada pandangan beragam tentang tahun pertama berkuasanya Raja Charles.

Beberapa orang merasa bahwa dia benar jika tidak melakukan reformasi besar-besaran terlalu dini.

"Dia harus melakukan tindakan yang sulit untuk ditiru, tetapi saya pikir dia akan mengubah keadaan," kata Joanne Hughes, 61, kepada AFP di luar Istana Buckingham.

Yang lain bersikap acuh tak acuh terhadap raja baru – dan monarki secara umum.

“Monarki sedang sekarat,” kata mahasiswa keperawatan Mimi Jaffer-Clarke.

“Jika dia ingin hal itu tidak mati, maka dia perlu mencoba membuat generasi muda menyukainya – dan kita tidak melakukannya,” tukasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)