5 Fakta Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Baru Ukraina yang Ditunjuk Saat Perang

Jum'at, 08 September 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A

3. Riwayat Karier


Umerov memiliki gelar sarjana di bidang ekonomi dan master di keuangan. Dia memulai kariernya dengan bekerja di sektor swasta, tepatnya bersama salah satu operator seluler kenamaan Ukraina.

Pada tahun 2013, Umerov mendirikan perusahaan investasi bernama ASTEM. Saat Rusia menduduki Krimea, dia juga menjadi penasihat pemimpin Majelis Tatar Krimea, Mustafa Dzhemilev.

Karier politik Umerov dimulai tahun 2019. Waktu itu, dia terpilih sebagai anggota parlemen dari partai politik liberal.

Sejak tahun 2020, dia juga menjadi anggota gugus tugas pemerintah Ukraina yang menjalankan strategi untuk mengakhiri pendudukan Krimea.

4. Negosiator Terampil


Koneksi terdekat Umerov menyebutnya sebagai ahli negosiator. Dia pernah menjadi anggota tim Ukraina yang melakukan negosiasi dengan Rusia pada Maret 2022.

Kemudian, dia juga terlibat pada pembicaraan kesepakatan gandum di Laut Hitam. Tak hanya itu, Umerov menjalani peran penting dalam pertukaran tahanan, termasuk pejuang Azov Ukraina yang pernah ditangkap di Mariupol.

5. Ditunjuk Jadi Menteri Pertahanan


Pada kondisi invasi Rusia yang masih berjalan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menunjuk Menteri Pertahanan (Menhan) baru. Dalam hal ini, dia menunjuk Rustem Umerov.

Penunjukan ini terbilang mengejutkan, mengingat keadaan Ukraina sendiri masih berperang dengan Rusia. Meski demikian parlemen pemerintahan Kiev telah menyetujui ketentuan tersebut.

Umerov nantinya akan menjadi pria Muslim pertama yang menjabat Menhan Ukraina dalam sejarah negara tersebut.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0653 seconds (0.1#10.140)