Kemampuan Jamming Militer Rusia terhadap Drone Ukraina Makin Canggih

Kamis, 07 September 2023 - 06:05 WIB
loading...
Kemampuan Jamming Militer Rusia terhadap Drone Ukraina Makin Canggih
Militer Rusia memiliki teknologi jamming terhadap drone Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kemampuan Rusia untuk menghambat atau jamming drone Ukraina semakin membaik. Akibatnya, itu memaksa operator drone untuk bergerak lebih dekat ke garis depan dan menempatkan pasukan yang sangat berharga tersebut dalam bahaya yang lebih besar ketika serangan balasan Ukraina terus berlanjut.

Operator drone Ukraina mengatakan kepada BBC News bahwa pasukan Rusia telah memindahkan banyak tim siber mereka, termasuk pengacau, ke dekat garis depan perang. Itu memperluas jangkauan teknologi pengacau lebih dekat ke pasukan Ukraina.

Hal ini memaksa Ukraina untuk memindahkan operator drone-nya, seperti pilot first-person-view (FPV), lebih dekat untuk menghindari kemacetan dan melawan operator drone Rusia sendiri.



Pada bulan-bulan awal setelah invasi besar-besaran Rusia, operator drone dapat melakukan uji coba bermil-mil dari garis depan, sehingga membuat mereka lebih aman dari konflik.

Namun eskalasi ini menempatkan tim drone kedua belah pihak dalam risiko terkena tembakan artileri atau kendaraan lapis baja berat dan infanteri yang menerobos garis depan.

Operator drone, yang telah menerima pelatihan ekstensif, sangat diperlukan bagi pihak mereka – dan merupakan target bernilai tinggi bagi musuh.



Seorang ahli sebelumnya mengatakan kepada Insider bahwa “operator adalah hal yang paling berharga di sini karena operator berpengalaman yang bertahan dapat mengemudikan beberapa drone FPV terhadap target,” menambahkan bahwa “kedua belah pihak memprioritaskan untuk mengejar operator.”

Seorang ahli drone Ukraina mengatakan kepada PBS Newshour awal tahun ini bahwa tidak jarang operator drone saling berburu. Pakar lainnya mengatakan keterampilan video gamenya telah membantunya dalam uji coba drone FPV.

Peperangan kendaraan udara tak berawak (UAV) telah menjadi aspek utama konflik di Ukraina; operator menggunakan drone untuk melakukan pengawasan dan menjatuhkan bahan peledak ke musuh yang tidak menaruh curiga.

Beberapa dari drone yang relatif lebih murah ini dapat mempunyai dampak yang sangat besar, dengan beberapa drone FPV yang mampu menghancurkan target yang berbiaya tinggi dan bernilai tinggi seperti tank T-90 Rusia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)