Apa Dragon Teeth Defense? Strategi Jitu yang Menghalau Pasukan Ukraina

Kamis, 07 September 2023 - 04:48 WIB
loading...
Apa Dragon Teeth Defense? Strategi Jitu yang Menghalau Pasukan Ukraina
Pertahanan Dragon Teeth menjadi andalan Rusia menghalau serangan balasan Ukraina. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Dragon Teeth Defense atau pertahanan Gigi Naga menjadi bagian pertahanan Rusia telah menghambat kemajuan Ukraina di garis depan, meskipun sebelumnya telah diejek oleh rezim Kiev dan pendukung Baratnya.

Kegagalan serangan balasan Ukraina sebagian besar disebabkan oleh jaringan benteng Moskow yang dibangun pada musim gugur lalu di sepanjang garis depan untuk melindungi wilayah yang terintegrasi dengan Rusia setelah referendum September.

Penghalang “Dragon Teeth Defense”, “landak”, dan ladang ranjau mengirimkan sinyal yang jelas kepada NATO dan proksinya di Ukraina bahwa Rusia akan tetap bertahan dan bahwa rezim Kiev tidak akan mendapatkan satu inci pun wilayah Rusia.

Apa itu Dragon Teeth Defense? Berikut 5 Faktanya.

1. Disebut sebagai Gigi Setan

Apa Dragon Teeth Defense? Strategi Jitu yang Menghalau Pasukan Ukraina

Foto/Sputnik

Dragon Teeth Defense– terkadang juga disebut sebagai "gigi setan" di media Barat – adalah penghalang pertahanan beton berbentuk piramida anti-tank. Ketinggian satu "gigi" adalah 90 hingga 120 cm.


2. Sangat Efektif Melawan Tank

Dragon Teeth Defense telah berulang kali terbukti sangat efektif melawan tank. Namun, perlu diingat bahwa, pertama, rintangan pertahanan ini digunakan sebagai bagian dari struktur canggih yang lebih besar; kedua, mereka harus dipasang dengan cara yang benar dan di tempat yang tepat.

Dragon Teeth Defense bukanlah pagar, melainkan jebakan anti-tank khusus: tidak hanya menghalangi serangan tank musuh, tetapi juga menciptakan ilusi bahwa rintangan ini mudah diatasi. Jika Dragon Teeth Defense dibuat dan dipasang dengan benar, tank musuh, setelah melewati garis pertahanan beton pertama, tidak akan bisa bergerak maju atau mundur. Mereka akan terjebak dan menjadi sasaran empuk artileri dan senjata anti-tank lainnya.

Sebelum serangan balasan yang gagal pada akhir Mei, media Ukraina membagikan rekaman tank Challenger-2 buatan Inggris yang dengan mudah menyapu habis Dragon Teeth Defense yang berserakan. Trek audio yang dilampirkan pada video berbunyi: "Saya sedang di jalan raya menuju neraka". Upaya serangan balik selama tiga bulan membuktikan pernyataan ini sebagai ramalan: karena gagal mencapai tujuannya, militer Ukraina telah kehilangan lebih dari 66.000 personel dan 7.600 senjata.

3. Berikut Cara Kerja Dragon Teeth Defense

Pengamat militer Rusia mencantumkan lima syarat keberhasilan penggunaan Dragon Teeth Defense:

Pertama, pembatasnya harus terbuat dari beton bertulang khusus.

Kedua, perlu hati-hati memilih tempat pemasangannya: itu harus benar-benar jebakan, yaitu tempat yang tidak bisa dilewati begitu saja oleh tank dari sisi sayap.

Ketiga, memasang satu baris Dragon Teeth Defense tidak masuk akal. Pecahannya harus ditempatkan dalam beberapa baris dan dalam urutan khusus agar sulit diatasi. Selain itu, bentuk "gigi" bisa berbeda-beda tergantung tempat pemasangannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)