Seberapa Bahayanya Aliansi Putin-Kim Jong Un? Berikut 5 Prediksinya

Selasa, 05 September 2023 - 20:50 WIB
loading...
Seberapa Bahayanya Aliansi Putin-Kim Jong Un? Berikut 5 Prediksinya
Aliansi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin dianggap berbahaya oleh Barat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rencana pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang mengunjungi Rusia bulan ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan Amerika Serikat (AS) dan aliansinya.

Kim Jong Un dan Presiden Vladimir Putin bermaksud membahas kemungkinan Korea Utara menyediakan senjata kepada Moskow untuk mendukung perangnya di Ukraina. Di permukaan, kesepakatan senjata antara Korea Utara dan Rusia masuk akal secara transaksional.

Berikut 5 bahaya aliansi Putin dan Kim Jong Un.

1. Rusia Butuh Senjata, Korea Utara Butuh Uang

Seberapa Bahayanya Aliansi Putin-Kim Jong Un? Berikut 5 Prediksinya

Foto/Reuters

Moskow sangat membutuhkan senjata, khususnya amunisi dan peluru artileri, untuk perang di Ukraina, dan Pyongyang memiliki keduanya.

Di sisi lain, Korea Utara yang kekurangan sanksi sangat membutuhkan uang dan makanan. Penutupan perbatasan selama lebih dari tiga tahun, belum lagi kegagalan perundingan dengan Amerika Serikat pada tahun 2019, telah membuat negara ini semakin terisolasi dibandingkan sebelumnya.

Namun di balik itu, hal ini membuka potensi bagi Pyongyang dan Moskow untuk mulai bekerja sama lebih erat. AS telah memperingatkan mengenai kemungkinan kesepakatan senjata antara kedua negara selama beberapa waktu, namun pertemuan tingkat pemimpin antara Kim Jong Un dan Vladimir Putin membawa hal ini menjadi lebih serius.

Meskipun prioritas AS, tentu saja dalam jangka pendek, tampaknya adalah menghentikan penggunaan senjata Korea Utara di garis depan di Ukraina, kekhawatiran di Seoul adalah apa yang akan diperoleh Korea Utara sebagai imbalan atas penjualan senjatanya ke Rusia. .

Ketika Rusia berada dalam situasi putus asa, Kim akan bisa mendapatkan harga yang mahal. Mungkin dia bisa menuntut peningkatan dukungan militer dari Rusia.

Foto: Menhan Rusia: 66.000 Tentara Ukraina Tewas dalam Serangan Balasan

2. Aliansi China, Korea Utara dan Rusia Menguat

Seberapa Bahayanya Aliansi Putin-Kim Jong Un? Berikut 5 Prediksinya

Foto/Reuters

Dinas intelijen Korea Selatan memberi pengarahan bahwa Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu telah menyarankan Rusia, China, dan Korea Utara untuk mengadakan latihan angkatan laut bersama, serupa dengan yang dilakukan oleh AS, Korea Selatan, dan Jepang, yang sangat dibenci oleh Kim Jong Un.

3. Transfer Teknologi Senjata Rusia ke Korea Utara

Kim mungkin juga bisa menggunakan senjata Rusia di masa depan.

Namun sejauh ini permintaan paling mengkhawatirkan yang bisa diajukan Kim adalah agar Putin memberinya teknologi atau pengetahuan senjata canggih, untuk membantunya membuat terobosan dalam program senjata nuklirnya. Ia masih berjuang untuk menguasai senjata strategis utama, terutama satelit mata-mata dan kapal selam bersenjata nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)