Mengapa Zelensky Pecat Menhan Ukraina saat Perang? Skandal Korupsi Jadi Sorotan

Selasa, 05 September 2023 - 07:58 WIB
loading...
Mengapa Zelensky Pecat Menhan Ukraina saat Perang? Skandal Korupsi Jadi Sorotan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov ketika perang dengan Rusia sedang berkecamuk. Reznikov digantikan oleh Rustem Umerov. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengumumkan pemecatan Menteri Pertahanan (Menhan) Oleksii Reznikov, yang menjabat menteri pertahanan sejak awal perang dengan Rusia.

Posisi Reznikov digantikan oleh Rustem Umerov, seorang Muslim Tatar Crimea. Mengapa perombakan sensitif ini terjadi sekarang, di tengah-tengah serangan balasan Ukraina terhadap pasukan Rusia?

“Saya telah memutuskan untuk mengganti Menteri Pertahanan Ukraina. Oleksii Reznikov telah melalui lebih dari 550 hari perang skala penuh. Saya percaya bahwa kementerian memerlukan pendekatan baru dan format interaksi lain baik dengan militer maupun masyarakat luas. Sekarang Rustem Umerov harus memimpin kementerian,” kata Zelensky di saluran Telegram-nya pada hari Minggu (3/9/2023).



Bagaimanapun, Reznikov telah membantu mengamankan miliaran dolar bantuan militer Barat untuk membantu upaya perang Kyiv melawan invasi Moskow.

Namun, meski membantah melakukan kesalahan apa pun, Reznikov telah dirundung tuduhan suap seputar kementeriannya yang digerogoti skandal korupsi.

Pada hari pengumuman pemecatan Reznikov, media Ukraina menerbitkan wawancara dengan menteri yang dipecat tersebut. Wawancara itu mengungkap total bantuan senjata Barat yang nilainya fantastis.

Menurutnya, nilai bantuan senjata Barat mencapai USD100 miliar atau lebih dari Rp1.524 triliun.

Reznikov mengatakan dari total nilai bantuan senjata Barat tersebut, lebih dari USD50 miliar berasal dari Amerika Serikat (AS). Dia juga membela “efektivitas” pengadaan senjata tersebut oleh kementeriannya, meskipun skandal korupsi di kementerian tersebut tak bisa dimungkiri.

Menurut laporan Sky News, Selasa (5/9/2023), keluarnya Reznikov dapat mengakhiri tekanan media domestik selama berbulan-bulan yang dimulai pada bulan Januari ketika Kementerian Pertahanan yang dipimpin Reznikov dituduh membeli makanan dengan harga yang melambung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)