Ukraina Dapat Suntikan Senjata Baru untuk Gempur Rusia

Selasa, 05 September 2023 - 06:07 WIB
loading...
Ukraina Dapat Suntikan Senjata Baru untuk Gempur Rusia
Jerman mengirimkan tank Leopard model 1A5 yang dinonaktifkan ke Ukraina. Foto/Insider
A A A
KIEV - Ukraina memiliki senjata baru dalam perangnya melawan Rusia . Negara itu mendapat suntikan tank tempur Jerman era Perang Dingin.

The New York Times melaporkan bahwa Jerman mengirim 10 tank Leopard 1A5 yang dinonaktifkan ke Ukraina bulan lalu.

Tank ini dirancang oleh Porsche - yang lebih terkenal dengan mobil mewahnya - dan diproduksi oleh Krauss-Maffei di Jerman Barat.

Tank Leopard mulai beroperasi pada tahun 1965 dan terakhir kali digunakan oleh tentara Jerman pada tahun 2000. Model 1A5 dikembangkan pada tahun 1980-an.

Sejak itu, banyak tank Jerman yang disimpan di gudang di seluruh Eropa hingga pemerintah Jerman menyetujuinya pada bulan Februari untuk disumbangkan ke Ukraina.



"Lebih dari 100 unit akan disumbangkan setelah direnovasi," lapor The New York Times seperti disitir dari Insider, Selasa (5/9/2023).

Meskipun usianya sudah tua, para ahli dan pejabat Jerman mengatakan kepada The New York Times bahwa Leopard 1A5 bisa menjadi senjata yang berguna.

Letjen Andreas Marlow, yang mengawasi program pelatihan Jerman untuk Ukraina, mengatakan model ini memiliki kemampuan penglihatan malam serta sistem stabilisasi senjata dan, tidak seperti kebanyakan tank tempur tua yang digunakan di Ukraina, tank ini dapat digerakkan mundur.

Marlow mengatakan Leopard 1A5 juga lebih mudah dikuasai, dirawat, dan diperbaiki dibandingkan turunan modernnya, Leopard 2A6.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)